Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Anak yang Suka Melihat YouTube di Ponsel

Youtube adalah sebuah situs yang memberikan konten yang berupa banyak video, kita bisa melihatnya dengan gratis. Walaupun gratis video tersebut akan muncul iklan di video tersebut dan jika kita tidak ingin melihat iklan tersebut maka kita bisa membayarnya. Banyak jenis video yang bisa di tonton di youtube, mulai dari musik, film, tutorial, video untuk anak anak, remaja bahkan untuk orang tua.
youtube
youtube

Semakin hari youtube semakin berkembang dan penontonnya semakin banyak, hal tersebut dikarenakan pembuat video bisa memperoleh uang dari iklan tersebut. Maka muncul banyak video yang menarik sehingga menarik banyak penonton untuk melihatnya. Begitu juga dengan anak anak, jika menonton video akan sangat tertarik dan menyukainya.

Akan tetapi selain dapat menghibur penonton youtube mempunyai dampak negatif jika terlalu sering dan lama menontonnya. Dampak negatif tersebut bisa berupa gangguan kesehatan ringan bahkan yang serius seperti kasus yang terjadi. Kasus tersebut dialami seorang anak yang matanya merah dan mengeluarkan darah.

Hal tersebut dikarenakan terlalu lama menonton youtube di smartphone, dan orang tuanya membiarkannya. Tentunya setiap orang tua pasti tidak menginginkan hal tersebut untuk terjadi, untuk itu harus mencegahnya. Jika menonton youtube di layar televisi mungkin dampaknya tidak terlalu berat, akan tetapi juga perlu pengawasan.

Masalah yang terjadi biasanya anak sudah kecanduan menonton youtube, untuk itu bagaimana orang tua mengatasi masalah tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut admin akan memberikan tips yang mungkin dapat menyelesaikannya, berikut ini adalah tips tipsnya ...

1. Berikan mainan fisik

Sebagai orang tua kita bisa memberikan mainan fisik seperti bola, bola basket, sepeda dan lainnya untuk mengalihkan perhatian dari menonton youtube. Dengan memainkan bola misalnya maka bisa mengajak keluarga atau teman sehingga melatih untuk berinteraksi sosial dengan orang lain. Karena sebagai manusia tidak selamanya untuk hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain.

2. Ajak keluar rumah

Untuk mengatasi kecanduan menonton youtube kita bisa mengajak anak keluar rumah untuk melakukan aktifitas. Misalnya memasak di belakang rumah, kita bisa memasak daging panggang, hamburger dan lainnya sehingga bisa melatih untuk mengenal lingkungan. Jika selalu di dalam rumah saja maka itu kurang baik bagi kesehatan dan jiwa seseorang.

3. Gunakan youtube kids

Google sebagai perusahaan yang memiliki youtube telah meluncurkan aplikasi yang bernama youtube kids. Aplikasi ini berisi video dari youtube akan tetapi khusus bagi anak anak saja, jadi tidak ditemukan konten untuk dewasa. Hal tersebut cukup membantu bagi orang tua untuk menghindarkan anak menonton konten konten untuk dewasa.

Selain itu aplikasi tersebut mempunyai pengaturan waktu, kita bisa mengatur waktunya jika anak ingin menonton video di youtube kids. Misalnya kita mengatur waktunya 1 jam, maka jika waktu sudah habis aplikasi akan mati. Hal tersebut cukup positif untuk mengurangi anak anak menonton video youtube terlalu lama yang mempunyai dampak negatif.

Sebagai orang tua ada banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tentang anak, yang terpenting adalah melakukan pendekatan. Sehingga antara orang tua dan anak mencapai kesepakatan sehingga tidak terjadi kebencian atau kekerasan. Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi anak yang kecanduan menonton youtube, semoga bermanfaat bagi para pembaca. 

Post a Comment for "Cara Mengatasi Anak yang Suka Melihat YouTube di Ponsel"