Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Suka Bermain Game

Anak adalah buah hati bagi setiap orang tua untuk itu setiap orang tua akan selalu menyayangi dan menjaganya agar terhindar dari hal hal yang tidak baik.  Di zaman yang modern ini hiburan bagi anak anak sudah berbeda dengan pada waktu orang tua masih kecil. Pada waktu dahulu mainan anak anak masih tradisional, yang relatif tidak ada efek sampingnya.
bermain game
bermain game
Akan tetapi pada waktu sekarang permainan untuk anak sudah modern yaitu game smartphone, PS 5 dan Xbox. Untuk memainkan game smartphone misalnya kita hanya mendownloadnya saja di play store. Banyak game android yang terkenal dan bisa dimainkan seperti PUBG, mobile legends, free fire dan lainnya.

Permainan game tersebut jika terlalu lama memainkannya maka akan menimbulkan dampak yang negatif. Dampak negatif tersebut bisa berupa gangguan kesehatan dan juga gangguan mental yang cukup merugikan. Gangguan kesehatan tersebut bisa berupa sakit yang ringan maupun sakit yang fatal atau berat.

Misalnya gangguan kesehatan mata yang biasa terjadi jika mata terlalu lama digunakan untuk melihat layar elektronik. Ada kasus yang menyebutkan bahwa seorang yang mengalami gangguan mata, sampai mengalami kebutaan atau tidak bisa melihat. Hal itu dikarenakan terlalu lama bermain game smartphone sampai berhari hari tanpa henti, tentunya demikian adalah hal yang tidak kita inginkan.

Kemudian yaitu gangguan mental yang bisa berupa suka bermalas malasan, tidak mau belajar dan lainnya. Sebagai orang tua tentunya perlu memperhatikan masalah yang berkaitan dengan anak sehingga sang anak tumbuh menjadi manusia yang baik. Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi anak yang suka bermain game ...

1. Berikan pengertian

Memberikan pengertian adalah hal yang paling pertama kita lakukan, karena hal tersebut bisa menyadarkan anak agar lebih baik. Terkadang anak tidak mau menuruti orang tua karena tidak tahu manfaat dan bahaya suatu hal. Untuk itu sebagai orang tua sebaiknya memberi pengertian kepada anak agar patuh dengan tanpa masalah.

Begitu juga tentang masalah bermain game tentunya mempunyai bahaya jika terus menerus bermain setiap hari. Walaupun bermain game sendiri walaupun bahaya juga mempunyai manfaat juga, yaitu memberikan hiburan dan menambah kreatif. Cobalah untuk berkomunikasi antar orang tua dan anak untuk mencapai kesepakatan bersama, seperti memperbolehkan bermain game tetapi dibatasi.

2. Berikan mainan fisik

Mainan fisik dapat kita berikan kepada anak untuk mengimbangi bermain game yang membuat terus menerus melihat layar dan berbahaya bagi kesehatan. Kita bisa membelikan mainan fisik seperti bola, bola basket, sepeda dan lainnya. Dengan begitu anak bisa bermain di luar rumah sehingga menjadikan badan lebih sehat.

3. Ajak ke luar rumah

orang tua bisa mengajak anak ke luar rumah, misalnya kegiatan di belakang rumah untuk memasak daging panggang atau lainnya. Selain itu bisa pergi ke taman untuk melihat pemandangan dan juga ke mall sehingga mendapatkan hiburan dan melupakan permainan game. Sebagai orang tua sebaiknya banyak memiliki ide untuk mengatasi permasalahan anak.

4. Ajak bersosialisasi

kita bisa mengajak anak bersosialisasi dengan orang dalam rangka untuk mengurangi kecanduan bermain game. Orang tersebut yaitu bisa teman dan juga keluarga, dengan menyuruhnya bermain dengan temannya maka akan mengurangi bermain game. Selain itu kita juga bisa mengajak untuk mengunjungi keluarga sehingga mendapat banyak kenalan yang juga bisa mengurangi bermain game.

5. Batasi bermain game

Sebenarnya anak adalah manusia juga yang membutuhkan sebuah hiburan, pada saat ia mempunyai kegiatan yang membosankan seperti belajar dan kegiatan lainnya. Sebagai orang tua haruslah bijaksana, berilah ia hiburan agar anak tidak depresi sehingga akan menjadikan kurang baik. Untuk itu orang tua bisa memperbolehkan anak untuk bermain game akan tetapi dibatasi waktunya.

Sebagi anak jika sudah diberi pengertian, diperbolehkan dan batasan mungkin ia akan patuh kepada orang tua. Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi anak yang suka bermain game, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Suka Bermain Game"