Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Bahan Pembuat Sabun yang Kita Pakai di Rumah ?

Sabun atau sabun mandi adalah benda yang keras dan akan menjadi licin dan lunak jika terkena air, biasanya ada yang berwarna putih, merah dan hijau. Sifat dari sabun yaitu zat yang mengikat air dan kotoran, jadi jika disiram dengan air maka akan membersihkan kotoran yang ada. Kalau kita pikirkan apakah bahan pembuat sabun yang kita pakai sehari hari, yang baunya wangi ?
sabun
sabun
Pada zaman mesir kuno sudah menggunakan sabun yang dibuat dari minyak hewani atau dari tumbuhan dicampur dengan garam alkali. Sabun tersebut digunakan untuk membersihkan dari kotoran yang menempel sehingga menjadi bersih. Menurut catatan bahwa penemu sabun modern adalah muhammad arrozi yang merupakan ahli kimia dari persia.

Sabun tersebut dibuat dari minyak atsiri, kemudian di produksi dalam skala besar dan digunakan oleh banyak orang. Di indonesia pada awalnya untuk membersihkan badan menggunakan batu yang halus kemudian menggosokannya. Untuk menjadikan harum maka menggunakan bunga mawar dan melati serta minyak zaitun kemudian di masukan ke dalam penampungan air.

Pada zaman penjajahan belanda perusahaan unilever mengenalkan sabun di indonesia, dan orang indonesia mulai tahu sabun pembersih badan dan banyak yang menggunakannya. Pada saat datangnya jepang maka pabrik unilever di sita oleng jepang untuk kepentingannya. Kemudian setelah jepang pergi, unilever berusaha bangkit dari keterpurukan dan memproduksi sabun lagi.

Ada saat gejolak politik di indonesia, yaitu saat isu papua barat maka unilever kehilangan pabriknya di indonesia karena banyak perusahaan di sita oleh pemerintah indonesia. Kemudian semua semua stafnya di ganti dengan orang dari inggis dan jerman yang dipilih. Akan tetapi pada tahun 1967 semua aset unilever dikembalikan dan ia memproduksi lagi produknya dan membanjiri pasaran.

Sabun mandi sendiri mempunyai dua macam, yaitu sabun batangan dan sabun cair, keduanya mempunyai kelebihan masing masing. Semakin majunya teknologi sabun ditambahkan antiseptik atau zat anti bakteri untuk membunuh kuman. Jadi, selain tubuh kita bersih dari kotoran, tubuh kita juga bersih dari kuman sehingga menjadi sehat.

Kita juga disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari kuman, apalagi jika akan makan dan minum. Demikianlah bahan pembuat sabun yang sering kita gunakan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Post a Comment for "Apa Bahan Pembuat Sabun yang Kita Pakai di Rumah ?"