Cara Memelihara Ikan Cupang untuk Mempercantik Ekornya dan Tidak mudah Mati

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang mempunyai sirip yang unik yaitu seperti kipas dan ikan terebut mempunyai banyak warna. Ikan ini ditemukan di daerah asia tenggara salah satunya yaitu di indonesia, ikan ini ditemukan di daerah kalimantan. Ikan ini bersifat agresif dan selalu melindungi daerah sekitarnya yang dia kuasai, sehingga ikan ini menjadi hewan aduan.
ikan cupang
ikan cupang
Ikan cupang selain menjadi ikan hias terkadang menjadi ikan aduan, akan tetapi mengadu hewan adalah hal yang tidak baik. Kita sebagai manusia harus mempunyai perasaan dengan makhluk lain, tidak boleh melukai dan menyakiti. Ikan cupang mempunyai ketahanan hidup yang baik, misalnya jika ikan ini ditempatkan ditempat yang sempit dan kurang sirkulasi udara maka akan tetap bisa bertahan.
Untuk memelihara ikan cupang kelihatannya cukup mudah, karena ikan ini memiliki ketahanan yang baik, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar ikan cupang lebih sehat dan enak di pandang. Yang pertama pilihlah tempat ikan cupang yang tidak terlalu sempit, karena jika terlalu sempit maka ikan kurang leluasa bergerak sehingga menjadi kurang sehat dan kurang menarik di pandang.

Gunakanlah air untuk memelihara ikan cupang menggunakan air tawar, karena habitat ikan ini adalah sungai, persawahan dan rawa. Misalnya kita bisa menggunakan air sumur, akan tetapi jika tidak ada kita bisa menggunakan air PAM, akan tetapi diamkan selama satu hari sebelum memasukan ikannya. Jika tempat ikan cupang tidak menggunakan penutup maka volume air sebaiknya setengahnya saja.

Hal ini dilakukan untuk menghindari jika ikan cupang melompat ke atas, sehingga ikan cupang keluar dari tempatnya. Gantilah air dalam wadah ikan cupang setiap 3 hari sekali, hal tersebut agar ikan cupang sehat dan air dalam wadah selalu jernih sehingga ikan cupang kelihatan dengan jelas. Saat menggantinya pindahkan ikan cupang ke dalam wadah sementara, saat memindahkannya gunakan saringan khusus.

Usahakan jangan menggunakan tangan karena akan merusak siripnya yang indah, jangan lupa bersihkan kotoran yang menempel pada wadah cupang. Jangan bersihkan wadah ikan cupang menggunakan deterjen karena akan meracuninya, bersihkanlah langsung misalnya menggunakan spons. Kita bisa menjemur ikan cupang pada pagi hari untuk menjadikan tampilannya lebih menarik.

Penjemuran ini bermanfaat untuk kesehatan ikan cupang dan membunuh bakteri yang ada di dalam wadahnya. Untuk menjemurnya jangan terlalu lama, sekitar 15 menit saja, jika saat dijemur ikan cupang terlihat panik maka pindahkan ke tempat yang teduh kembali. Selain dengan pelet kita bisa memberikan ikan cupang dengan pakan hidup, misalnya kutu air.

Karena pakan ini dianggap bisa menjadikan ikan cupang sehat dan juga  warnanya lebih mencolok. Jangan seing mengetuk ngetuk wadang ikan cupang, walaupun ia adalah ikan yang agresif akan tetapi hal tersebut akan mengganggunya sehingga ia bisa stres. Kemudian admin akan memberkan beberapa tips jika kita ingin membeli ikan cupang untuk dipelihara.

Pilihlah ikan cupang yang warnanya jelas dan tajam, karena menunjukan ikan tersebut sehat dan indah saat dipandang, namanya juga ikan hias, he he he .... Pilihlah ikan cupang dalam kondisi baik misalnya ikan cupang yang sirip dan ekornya tidak rusak atau sobek, hmmm memang hal perlu diperhatikan. Selain itu pilih ikan cupang yang tidak ada benjolan, karena benjolan tersebut mungkin menunjukan ikan tersebut tidak sehat.

Kita bisa memilih ikan cupang yang agresif atau mempunyai banyak pergerakan, karena hal tersebut menunjukan ikan yang sehat. Demikianlah beberapa tips untuk memelihara ikan cupang, semoga bermanfaat bagi para pembaca. 

0 Response to "Cara Memelihara Ikan Cupang untuk Mempercantik Ekornya dan Tidak mudah Mati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel