Cara Merawat Tanaman Kaktus dengan Baik agar Tumbuh Sehat

Tanaman kaktus adalah tanaman yang berbentuk seperti batang dan biasanya mempunyai cabang dan berduri. Tanaman ini bisa tumbuh lama tanpa air karena daunnya yang merupakan duri sehingga tidak banyak terjadi penguapan air. Selain itu di dalam batang tanaman kaktus terdapat kantong sehingga dapat untuk menyimpan air.
kaktus
kaktus
Selain untuk tanaman hias tanaman kaktus juga ada yang bisa untuk dikonsumsi yaitu kaktus opuntia, yang diambil yaitu buah dan batang mudanya. Batang muda dari opuntia bisa diolah menjadi selai, dikukus, digoreng dan dijadikan acar. Hmm … cukup unik memang tanaman ini, selain mempunyai keindahan untuk dijadikan tanaman hias juga bisa dikonsumsi oleh kita.

Tanaman kaktus mempunyai sebuah keindahan dan cara merawatnya pun mudah, akan tetapi jika kita tidak mengetahuinya maka tanaman ini bisa mati. Untuk itu admin akan memberikan beberapa tips agat tanaman kaktus kita tidak mati. Yang pertama yaitu pastikan tanaman kaktus memperoleh cahaya yang cukup seperti di jendela atau teras rumah.

Karena jika kekurangan cahaya makan tanaman ini akan mudah layu dan bisa mati, tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut. Tanamlah kaktus didalam pot yang bawahnya berlubang karena jika kita menyiramnya maka air akan merembes ke bawah dan tidak menggenang di dalam pot. Jika air menggenangi pot maka tanaman kaktus bisa membusuk dan bisa mati.

Janganlah terlalu sering menyiram tanaman kaktus, karena jika terlalu sering menyiramnya maka tanah yang ada di dalam pot menjadi lembek karena air. Jika hal tersebut terjadi maka tanaman kaktus kemungkinan juga akan membusuk dan kemudian mati. Untuk itu janganlah terlalu sering menyiram kaktus jika kita ingin tanaman tersebut tetap hidup.

Gunakanlah alat moisture meter, karena dengan alat tersebut kita bisa mengetahui kelembaban tanah dengan tepat. Bisa jadi kita melihat tanah dalam pot sudah kering akan tetapi di dalamnya mengandung banyak air, dengan begitu alat ini cukup penting jika kita memelihara kaktus. Tanaman kaktus juga memerlukan pupuk seperti tanaman lainnya akan tetapi jangan berlebihan untuk pemberiannya.

Karena jika berlebihan dalam pemberian pupuk maka akan menimbulkan panas dan tanaman kaktus bisa mati. Demikianlah beberapa cara untuk memelihara tanaman kaktus agar tidak mudah mati, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Cara Merawat Tanaman Kaktus dengan Baik agar Tumbuh Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel