Cara Memelihara Hamster yang Lucu dengan Baik di Rumah

Hamster adalah hewan yang kecil bentuknya dan kalau di lihat mirip sengan tikus, akan tetapi ini bukan tikus ya guys. Hewan ini mempunyai bentuk yang lucu, sehingga banyak orang yang memeliharanya, selain bentuknya tingkah hewan ini juga lucu. Hewan ini mempunyai tubuh yang gemuk dan ekor yang kecil bobotnya juga ringan.
hamster
hamster
Hamster mempunyai banyak jenis dan setiap negara mempunyai jenis masing masing, selain itu hewan ini mempunyai warna yang berbeda beda. Jika kita memelihara hamster di rumah, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar hamster bisa hidup sehat dan tidak mati. Untuk memeliharanya memanga susah susah gampang, jika kita mengetahui caranya memang tidak sulit.

Yang pertama kita perhatikan yaitu kandangnya, kandang yang baik untuk hamster minimal besarnya yaitu 50 x 50 cm. Jika kandang hamster terlalu kecil maka ia kurang leluasa dalam bergerak sehingga kurang baik baginya dan juga kita kurang bisa melihat kelucuan dalam pergerakannya. Kita bisa membelinya di toko yang menjual kandang hamster dan jika menggunakan akuarium pastikan bagian atas mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Karena kandang hamster perlu sirkulasi udara yang baik agar kandang tidak pengap sehingga akan mempengaruhi kesehatan hamster. Kemudian berikan mainan yang tepat, seperti roda putar yang ukurannya tidak terlalu kecil. Ukuran roda putar biasanya 20 cm sehingga ia bisa bermain dan menyehatkan otot dan tulangnya dan tidak mudah sakit.

Berkanlah camilan untuk hamster untuk 2 kali dalam seminggu karena selain makanan pokok hamster juga membutuhkan camilan. Biasanya hamster membutuhkan camilan jenis sayuran dan lainnya yang membuatnya lebih sehat dan tidak bosan dengan makanannya. Dekatilah hamster secara bertahap misalnya jika kita baru membelinya, biarkan dulu di dalam kandang selama 3 hari.

Selama 3 hari tersebuat kita bisa memberikan makanan dan minuman saja, selain itu kita bisa menutup kandangnya dengan kain tipis. Setelah beberapa hari kita bisa mendekatinya untuk bermain dan berbicara kepadanya atau sedikit memegangnya.  Kemudian jangan mencampur hamster dengan hamster lain yang jenisnya berbeda karena hal tersebut akan berbahaya.

Hamster mempunyai sifat untuk memonopoli daerah kekuasaannya, jika ada lebih dari satu jenis hamster maka hamster tersebut bisa berkelahi dan mungkin ada yang mati. Jadi usahakan tematkan hamster satu jenis saja di dalam satu kandang, demikianlah beberapa tips untuk memelihara hamster dengan baik, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Cara Memelihara Hamster yang Lucu dengan Baik di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel