Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memelihara dan Merawat Kuda dengan Baik agar Tumbuh Sehat

Kuda adalah hewan yang bersejarah bagi umat manusia, karena hewan ini dari zaman dahulu telah dimanfaatkan oleh manusia. Dari zaman dahulu kuda sudah digunakan untuk mengangkut barang, menarik kendaraan beroda dan ditunggangi. Kuda digunakan untuk bepergian jauh, berdagang yaitu untuk mengangkut barang dan berperang.
kuda
kuda
Selain itu kuda juga bisa di ambil susunya, khususnya kuda liar yang sebagian orang dianggap bisa untuk meningkatkan kejantanan pria. Kemudian kuda juga bisa dimanfatkan daginya, biasanya kuda yang masih muda. Daging kuda yang masih muda juga dianggap bisa meningkatkan kejantanan pria, dan biasanya dibuat sate.

Kuda mempunyai banyak jenis dilihat dari ukurannya dan jenisnya, selain itu kuda ada yang digunakan untuk adu cepat atau adu balap. Hewan ini tadinya adalah hewan yang liar, akan tetapi kemudian manusia menangkapnya dan memanfaatkannya. Banyak orang yang telah memelihara dan mengembang biakan hewan ini, kita juga bisa memeliharanya.

Untuk memelihara kuda ada beberapa hal yang perlu kita ketahui agar hewan ini bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Yang pertama yaitu buatlah kandang untuk kuda, karena kandang tersebut dapat melindunginya dari panas dan hujan. Berilah kuda dengan pakan yang cukup, agar kuda bisa tumbuh dengan baik dan lebih menjaga kesehatannya.

Kemudian berilah suplemen tambahan untuk menambah kesehatannya dan periksalah setiap sebulan sekali untuk mengetahui jika kuda mengalami suatu penyakit. Kita perlu melepaskan kuda ke sebuah temapat yang luas, seperti lapangan untuk membiarkan ia berlari. Dengan begitu ia bisa tumbuh dengan baik, selain itu dapat melatih otot ototnya agar lebih kuat dan dapat berlari dengan baik.

Tidak kalah penting yaitu memandikan kuda, untuk memandikannya yang perlu kita lakukan yaitu melepas tapak kakinya. Dengan melepaskannya kita bisa membersihkan kotoran padanya dengan menyeluruh dan maksimal. Gunakan sikat khusus kuda untuk membersihkan bulunya dari berbagai kotoran, selain itu juga bisa untuk merapikan bulu bulunya.

Mulailah membersihkan bulunya dari leher kemudian badan dan kakinya, sehingga seluruh bulunya bersih dan indah. Kemudian bersihkan muka kuda menggunakan spons atau lap, seperti bagian mata, telinga dan hidung, dengan begitu akan menjadikan bersih. Semprotkanlah cairan anti lalat, karena lalat kuda bisa menggigitnya dan menjadikan infeksi, hal tersebut dapat membuatnya stres dan sakit. Demikianlah cara untuk memelihara kuda dengan baik, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Cara Memelihara dan Merawat Kuda dengan Baik agar Tumbuh Sehat"