Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung, Kamu Harus Tahu !

Mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan karena kita bisa mempelajari dan melihat pemandangan alam. Banyak gunung yang bisa kita daki di dunia, ada yang mempunyai ketinggian biasa dan ada yang cukup tinggi. Kita bisa berinteraksi dengan keindahan alam bersama teman teman sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan.
mendaki
mendaki
Akan tetapi pengalaman yang menyenangkan tersebut bisa berubah menjadi mengerikan jika kita tidak ada persiapan secara matang. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kita bisa selamat dalam pendakian gunung, karena tidak sedikit para pendaki mengalami hal yang tidak diinginkan seperti tersesat bahkan sampai mengalami kematian. Untuk itu berikut ini adalah beberapa hal penting yang kita tahu dan lakukan agar kita bisa mendaki gunung dengan selamat.

A. Menyiapkan peralatan

1. Yang pertama kita menyiapkan pakaian untuk melakukan pendakian, yaitu baju hangat karena di ketinggian yang tinggi suhu akan rendah sehingga terasa dingin. Kemudian sepatu yang khusus untuk mendaki gunung, karena tanpanya kita akan sulit dalam pendakian.

2. Kemudian makanan dan peralatan memasak, tentunya kita akan selalu memerlukan makanan, selain itu di atas gunung kita bisa memasak sesuatu untuk di makan. Peralatan memasak yang kita bawa adalah peralatan memasak khusus untuk mendaki dan jangan lupa membawa tempat minum.

3. Kita perlu membawa tenda khusus untuk pendakian gunung, biasanya tenda yang cukup simpel dan tidak berat untuk di bawa. Tenda ini bisa melindungi kita dari panas dan hujan saat kita lelah dan ingin beristirahat, kemudian jangan lupa menggunakan tas gunung atau tas untuk mendaki gunung.

4. Untuk melakukan koneksi dengan orang lain kita perlu membawa ponsel agar jika suatu saat kita membutuhkannya. Selain itu kita perlu membawa powerbank untuk mengatasi jika baterai habis karena kita mungkin jauh dari listrik sekitar beberapa hari.

B. Hal yang perlu diperhatikan

1. Persiapkanlah rute perjalanan, misalnya jalur pendakian gunung dan juga pulang, karena hal tersebut cukup penting. Karena jika tidak maka mungkin akan terjadi hal yang tidak kita inginkan yaitu tersesat di atas gunung. Untuk mengetahui rute yang akan kita lalui kita bisa bertanya kepada orang yang biasa memberikan arahan kepada para pendaki.

2. Jangan melakukan hal yang tidak perlu bahkan bodoh, seperti bermain di dekat tebing karena berbahaya yaitu jatuh ke jurang. Atau melakukan selfie yang membahayakan di dekat tebing karena berbahaya dan kita bisa terluka bahkan kehilangan nyawa. Admin menulis ini berdasarkan apa yang sudah terjadi yaitu seorang pendaki tewas jatuh di kawah gung berapi jogja, tentunya itu adalah kejadian karena kurang kehati hatian.

3. Usahakan seluruh anggota pendaki selalu bersama, karena jika tidak kemungkinan sebagian dari anggota akan tersesat di atas gunung. Jika hal tersebut terjadi makan akan merepotkan banyak orang dan juga membahayakan nyawa, karena mungkin akan kelaparan dan kehausan.

4. Hindari mendaki gunung yang masih aktif yaitu gunung yang dikhawatirkan bisa meletus kapan saja. Tentunya itu cukup wajar karena jika gunung meletus maka muntahan lahar yang panas atau hembusan asap panas akan mengancam jiwa kita.

5. Yang terakhir adalah hindari pantangan yang ada di gunung atau tempat tersebut karena mungkin bisa berakibat tidak baik untuk kita. Memang tidak ada hubungan yang apa yang akan kita alami semua kejadian adalah kehendak Tuhan. Akan tetapi kita menghormati adat setempat selagi tidak melanggar kepercayaan yang kita jalani, seperti pepatah mengatakan di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

Post a Comment for "Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung, Kamu Harus Tahu !"