Keindahan Bunga Melati dan Manfaatnya bagi Manusia

Bunga melati merupakan melati merupakan tanaman hias yang berupa tanaman merambat yang mempunyai bau wangi. Tanaman ini banyak tumbuh di indonesia dan sekitarnya dan bunga melati merupakan lambang atau simbol negara indonesia yang memberi arti kemurnian dan kesucian. Banyak suku atau budaya yang menggunakan bunga melati untuk acara tertentu, seperti pernikahan, kematian dan lainnya.
melati
melati
Misalnya seperti budaya di bali bahwa bunga melati digunakan sebagai hiasan yang mempunyai arti dan diletakan di telinga. Dengan begitu menjadikan budaya yang unik sehingga banyak menarik wisatawan lokal dan internasional. Dalam acara pernikahan di jawa juga menggunakan bunga melati, yaitu untuk hiasan pengantin putri.

Banyak sekali jenis melati yang ditemukan dan menurut catatan ada sekitar 200 jenis bunga melati jadi banyak ragamnya. Bunga melati mempunyai warna putih dan berbentuk kecil, selain itu mempunyai bau yang wangi dan khas. Kita bisa menanam bunga melati dengan mudah atau tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Jika saat tanaman melati berbunga maka akan mengeluarkan bau wangi yang semerbak sehingga cukup menarik bagi para pecinta bunga. Banyak manfaat yang ada pada bunga melati untuk kita, salah satunya yaitu melati bisa dibuat menjadi parfum. Karena baunya yang wangi dan agak lembut sehingga banyak orang yang menyukai parfum melati.

Cara membuatnya yaitu mengumpulkan bunga melati yang banyak, kemudian disuling menggunakan alat penyulingan. Kemudian kita bisa mendapatkan parfum melati yang kita inginkan, kemudian bisa kita gunakan atau dijual. Selain bisa digunakan untuk membuat parfum melati juga digunakan untuk pembuatan teh seduh.

Banyak teh seduh yang dalam pembuatannya menggunakan bunga melati, karena bunga melati dapat memberikan aroma tambahan sehingga minuman teh lebih nikmat. Biasanya bunga melati yang digunakan dalam pembuatan teh yaitu melati yang belum mekar. Untuk itu indonesia mempunyai alam yang kaya sehingga kita patut untuk mensyukurinya.

Kemudian bunga melati mempunyai manfaat untuk aromaterapi, karena bau wangi dari bunga melati dapat menghilangkan stres dan menurunkan depresi. Aroma bunga melati dapat menjadikan rileks sehingga bisa digunakan di tempat pijat spa. Bunga melati bisa digunakan untuk mengatasi keluarnya susu berlebihan bagi ibu hamil.

Jadi banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bunga melati, selain untuk tanaman hias juga merupakan tanaman yang banyak manfaat. Demikianlah beberapa manfaat dari bunga melati, semoga bermanfaat bagi para pembaca. 

0 Response to "Keindahan Bunga Melati dan Manfaatnya bagi Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel