Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahukah Kamu Penyebab Punahnya Spesies Dinosaurus di Dunia

Dinosaurus adalah sebuah spesies yang hidup di bumi berjuta juta tahun yang lalu, dan sekarang spesies tersebut sudah punah. Menurut sebuah catatan diperkirakan dinosaurus mulai hidup di bumi pada 230 juta yang lalu. Hal tersebut menarik kepada para peneliti untuk meneliti dinosaurus untuk lebih lanjut untuk sebuah ilmu pengetahuan.
dinosaurus
dinosaurus
Punahnya dinosaurus bagi para peneliti masih menjadi misteri, akan tetapi ada yang mengatakan punahnya dinosaurus dikarenakan hujan meteor yang terjadi di bumi. Meteor adalah benda luar angkasa yang biasanya berbentuk batu atau logam, kemudian benda tersebut bertabrakan dengan bumi. Hal tersebut mengakibatkan meteor jatuh ke bumi dan mengakibatkan munculnya api dan ledakan yang hebat.

Tergantung dengan besarnya meteor, semakin besar meteor maka akan mengakibatkan akibat yang fatal bagi kehidupan di bumi. Karena itulah diperkirakan semua spesies dinosaurus punah dan hanya meninggalkan jejak jejaknya. Kenapa manusia mengenal dinosaurus ? Itu disebabkan karena ditemukan banyak fosil dinosaurus.

Fosil fosil tersebut berupa tulang belulang yang merupakan sisa sisa tanda kehidupan dinosaurus pada zaman dahulu. Bahkan ditemukan juga tulang belulang dinosaurus yang telah menjadi batu sehingga semakin membuat penasaran pada para peneliti. Dari fosil fosil yang ditemukan kemudian dikumpulkan dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk kerangka dinosaurus.

Setelah disusun kerangka tersebut di pajang di sebuah museum untuk dipamerkan kepada orang banyak dan yang tertarik tentang dinosaurus. Selain itu juga banyak tempat sekolah atau universitas yang mengajak para muridnya untuk mengunjungi museum tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang dinosaurus.

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli ternyata dinosaurus ada yang berjenis karnivora dan herbivora. Hewan karnivora adalah hewan yang hanya memakan daging sedangkan herbivora adalah hewan yang khusus memakan tumbuh tumbuhan. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai fosil yang ditemukan yang menunjukan hal tersebut.

Misalnya dinosaurus yang berjenis trex mempunyai gigi gigi yang tajam, yang umumnya digunakan untuk menggigit daging. Sedangkan ada dinosaurus lainnya yang mempunyai gigi gigi yang biasa yang umumnya digunakan untuk menggigit tanaman atau tumbuh tumbuhan. Bagaimana, apakah tertarik tentang dinosaurus ?

Kita bisa mengunjungi museum yang memamerkan rangka fosil dinosaurus untuk mempelajari lebih lanjut. Demikianlah sebab mengapa punahnya dinosaurus di dunia, semoga bermanfaat bagi para pembaca.