Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Nabi Ibrahim Memiliki Istri dua, ini Jawabannya !

Nabi Ibrahim adalah orang yang di hormati oleh tiga agama, yaitu agama Islam, Kristen dan Yahudi. Dari kacamata Islam Ia adalah nabi dan rosul yang dapat menjadi contoh banyak orang. Ia adalah orang yang selalu mentauhidkan Allah, selain itu Ia adalah ahli sedekah kepada orang lain.
muslimah
muslimah
Jika makan, nabi Ibrahim selalu mencari orang untuk menemaninya, walaupun tidak ada orang, Ia akan mencari di tempat yang jauh. Nabi Ibrahim mempunyai istri yang cantik yang bernama Sarah dan Ia sangat mencintainya. Diceritakan nabi Ibrahim dan istrinya sangat mesra sehingga banyak pasangan ingin menirunya.

Walaupun begitu setelah umur nabi Ibrahim cukup tua, Ia belum dikaruniai seorang anak, padahal Ia seorang nabi dan harus mempunyai anak untuk meneruskan perjuangannya. Kemudian suatu hari istrinya menawarkan budaknya untuk dinikahi nabi Ibrahim untuk mendapatkan keturunan.

Sarah mempunyai budak wanita yang cantik yang dihadiahkan dari raja mesir, sehingga ia menganggap cocok untuk dinikahi suaminya. Setelah menikahi Hajar, nabi Ibrahim tetap tidak mendapatkan keturunan dan membuatnya menjadi resah. Kemudian Allah memberikan petunjuk kepadanya untuk melakukan khitan.

Nabi Ibrahim adalah orang pertama yang melakukan khitan, dan setelahnya khitan diwajibkan kepada orang Islam. Setelah melakukan khitan nabi Ibrahim akhirnya memperoleh putra yang tampan. Ia diberi nama Ismail yang akan menurunkan nabi Muhammad dikemudian hari.

Setelah itu Allah memberikan perintah kepada nabi Ibrahim untuk memindahkan Hajar dan putranya ke daerah Mekkah yang gersang yang akhirnya menetap di sana. Walaupun begitu Allah memberikan rizki kepadanya berupa air zam zam dan buah buahan. Setelah nabi Ibrahim kembali dan hidup dengan Sarah, dengan mengejutkan Sarah mengandung.

Dengan bahagia Sarah menerima karunia tersebut dengan bahagia. Kemudian putranya diberi nama Ishak dan akan menurunkan banyak  keturunan yang akan menjadi banyak nabi. Seperti nabi Yakub, Yusuf, Musa, Daud, Sulaiman dan Isa  yang semuanya adalah nabi yang terhormat. Pada saat nabi Ibrahim mempunyai putra pertama, ketampanan wajahnya hilang.

Itu disebabkan nur atau cahaya Muhammad telah berpindah kepada putranya yang bernama Ismail. Walupun begitu anak kedua yaitau Ishak mempunyai keturunan para nabi dan rosul yang dekat dengan Tuhannya. Demikianlah sebab nabi Ibrahim mempunyai istri lebih dari satu, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Kenapa Nabi Ibrahim Memiliki Istri dua, ini Jawabannya !"