Cara Memakan Buah Mengkudu dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Mengkudu atau yang dalam bahasa latinnya “morinda citrifolia” merupakan tanaman yang berasal dari asia tenggara. Buah mengkudu jika masih muda berwarna hijau dan jika sudah tua berwarna kuning agak putih. Oleh orang betawi dan muda buah mengkudu digunakan untuk membuat nasi goreng.
buah mengkudu
buah mengkudu
Sedangkan orang aceh mengguakan buah mengkudu untuk membuat sayur dan rujak yang merupakan makanan khas daerah. Rasa buah mengkudu adalah pahit, untuk itu cara mengonsumsi buah ini tidak dimakan langsung. Cara untuk mengonsumsi buah ini yaitu … pertama siapkan dua atau tiga buah mengkudu.

Pilihlah buah mengkudu yang menguning akan tetapi tidak busuk, kemudian kupas dan buang bijinya. Setelah itu diblender dengan menambahkan syrup atau madu untuk menambah rasa dan tidak pahit. Setelah itu saring dan ambil airnya untuk diminum agar memperoleh khasiatnya untuk kesehatan.

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi buah mengkudu karena mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi buah mengkudu dapat menghilangkan sakit pada penderita kanker. Selain itu jika mengonsumsi jus mengkudu dapat meningkatkan stamina tubuh menjadi lebih baik.

Manfaat buah mengkudu dapat mengurangi rasa mual setelah operasi yang menjadi masalah bagi pasien operasi. Jika mengonsumsi buah mengkudu rutin setiap hari selama satu bulan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi sangat bermanfaat sekali bagi penderita darah tinggi yang beresiko penyakit seperti stroke, jantung dan lainnya.

Walaupun mempunyai manfaat yang baik, buah mengkudu harus dihindari bagi beberapa orang karena mempunyai efek yang berbahaya. Bagi orang yang sedang hamil disarankan untung menghindari mengonsumsi buah mengkudu karena berbahaya bagi janin, selain itu sebaiknya bagi yang menyusui juga menghindarinya.

Buah mengkudu juga berbahaya bagi penderita penyakit ginjal, karena jika penderita mengonsumsinya maka bisa memperparah penyakitnya. Jika kita atau keluarga kita menderita penyakit ginjal sebaiknya menhindari mengonsumsinya. Walaupun buah mengkudu adalah obat herbal akan tetapi perlu diwaspadai untuk mengonsumsinya. Demikianlah cara mengonsumsi buah mengkudu dan manfaatnya, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Cara Memakan Buah Mengkudu dan Manfaatnya bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel