Berbagai hal yang Harus Diwaspadai saat Menyetir Mobil agar Selamat

Mobil adalah kendaraan roda empat yang banyak kita jumpai di jalan raya dan saliang berlalu lalang. Mobil mempunyai kelebihan melindungi penumpangnya dari hujan, selain itu mobil bisa memuat penumpang yang banyak. Jika kita lihat saat mudik tiba, banyak sekali mobil pribadi di jalan raya atau tol sampai membuatnya macet.
mobil dan jalan
mobil dan jalan
Di jalan raya banyak sekali terjadi kecelakaan, baik kecelakaan ringan atau berat hingga merenggut nyawa korban. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diketahui dan lakukan bagi pengendara mobil, apalagi membawa banyak penumpang. Berikut ini adalah beberapa hal penting bagi pengendara mobil ...

1. Sebelum berangkat bepergian cobalah memeriksa kondisi mobil, seperti ban mobil, alat alat mobil misalnya dongkrak dan lainnya. Jika kita tidak memeriksa ban mobil terlebih dahulu sebelum berangkat, akan cukup membahayakan dalam perjalanan. Seperti meletusnya ban mobil karena terlalu banyak angin dan suhu ban tinggi.

Jika itu terjadi, jika dalam kondisi kecepatan tinggi akan terjadi kecelakaan yang berbahaya dan mungkin akan memakan korban. Untuk itu persiapkan dahulu mobil yang akan kita gunakan untuk bepergian jauh.

2. Kemudian atur kecepatan mobil agar selalu dapat kita kuasai, karena jika mengendarai mobil dengan kecepatan terlalu tinggi terkadang akan menyebabkan kehilangan kontrol. Jika hal itu terjadi maka bisa kita tebak akan terjadi kecelakaan yang tidak kita inginkan. Untuk itu jangan terbawa nafsu untuk mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi karena akan merugikan diri sendiri.

3. selanjutnya yaitu jika kita mengendarai mobil harus dalam kondisi yang fit, atau tidak mengantuk atau terlalu lelah. Banyak sekali terjadi kecelakaan dikarenakan pengendara mobil dalam kondisi tersebut. Untuk itu jika akan mengendarai mobil, khususnya dengan tujuan yang cukup jauh, sebaiknya istirahat terlebih dahulu agar kondisi tubuh baik dan fit.

Selain itu saat mengendarai mobil terkadang mata terasa mengantuk karena kelelahan, sebaiknya jika hal itu terjadi yaitu menghentikan mobil dan istirahat secukupnya. Tanda tanda jika pengendara mobil mengantuk yaitu alur mobil tidak lurus atau terkadang sedikit ke kanan dan ke kiri. Untuk itu berhentilah di sebuah tempat untuk istirahat dua atau tiga jam, kemudian minum kopi untuk menghilangkan kantuk.

Dalam perjalanan janganlah terburu buru, karena yang penting adalah selamat sampai tujuan walaupun sedikit lebih lama. Demikianlah beberapa hala yang penting saat mengendarai mobil, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Berbagai hal yang Harus Diwaspadai saat Menyetir Mobil agar Selamat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel