Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Cara agar Cepat Sembuh dari Penyakit Tifus

Tifus adalah sebuah penyakit yang biasa menjangkit dari kalangan dewasa sampai anak anak. Penyakit tersebut disebabkan olah bakteri, karena gaya hidup kurang bersih dan higienis. Setelah masuk ke dalam tubuh, bakteri tersebut akan berkembang biak di usus, sehingga mengakibatkan nyeri di daerah perut.
bakteri
bakteri
Apakah sama antara penyakit tifus dan tipes ? Ternyata kedua penyakit tersebut berbeda. Yang membedakan adalah bakteri yang menyebabkan penyakit tersebut berbeda. Walaupun gejala sakit yang dirasakan penderita hampir sama yaitu pusing, sakit perut, lemas dan lainnya.

Penyakit ini tidak mudah untuk sembuh, dan butuh waktu yang lama untuk pulih kembali seperti semula. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menjaga dan cepat sembuh dari penyakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal perlu kita lakukan jika terkena penyakit tifus ...

1. Yang pertama adalah jangan banyak bergerak, seperti berjalan jauh, olahraga dan lainnya. Biasanya walaupun dalam kondisi baru sembuh, jangan terlalu banyak bergerak, karena bisa penyakitnya kambuh lagi. Jadi perbanyaklah istirahat,walaupun kondisi sudah sembuh, jangan dulu melakukan aktivitas berat.

2. Kemudian bagi penderita tifus harus menjaga makanan yang dikonsumsi, selain itu juga minumannya. Jauhilah makanan dan minuman yang mempunyai rasa pedas dan asam, karena perut menjadi sakit. Penyakit tifus menyerang usus, jadi usus sangat rentan dengan makanan yang berasa pedas dan asam.

Selain itu usahakan jangan memakan yang mengandung bahan kimia, seperti mie instan dan makanan yang mengandung MSG. Pada saat usus penderita mengalami iritasi, maka jika memakan makanan tersebut akan menimbulkan rasa nyeri. Di samping itu penyakit tifus bisa kambuh lagi dan kesehatan penderita akan turun lagi.

Usahakan penderita jangan memakan makanan yang kasar, seperti emping, peyek dan lainnya. Karena juga akan mengakibatkan nyeri di daerah perut, karena usus masih dalam keadaan iritasi.

3. Jauhilah AC dan kipas angin dengan intensitas tinggi, karena dapat memperlambat kesembuhan penderita. Walaupun terkadang saat menderita tifus, badan akan terasa panas, tetap jangan sampai terkena AC atau kipas angin. Jika terpaksa bisa menggunakan AC atau kipas angin dengan intensitas kecil.

Dari resep orang tua, jika menderita penyakit tifus selain ke dokter minumlah minuman susu dan telor. Cara membuatnya yaitu siapkan gelas kemudian tambahkan air panas setengahnya. Tambahkan susu dan kuning telor ayam kampung, selanjutnya aduk hingga tercampur rata, terakhir tambahkan air dingin hingga gelas penuh.

Minuman  tersebut dapat menambah tenaga bagi penderita tifus sehingga akan cepat sembuh. Demikianlah beberapa hal yang dapat kita lakukan bagi penderita penyakit tifus, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "Beberapa Cara agar Cepat Sembuh dari Penyakit Tifus"