Pengertian Rantai atau Jaring Jaring Makanan di Dunia Hewan yang Perlu Kita Ketahui

Rantai makanan atau jaring jaring makanan adalah urutan hewan yang saling memakan mulai dari yang kecil sampai yang besar. Rantai makanan ini penting untuk kita ketahui agar keseimbangan ekosistem sebuah lingkungan terjaga. Jika kita tidak menjaganya maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan sehingga merugikan kita.
rantai makanan
rantai makanan
Contoh dari rantai makanan yaitu seekor nyamuk dimakan katak, kemudian katak dimakan ular, kemudian dimakan burung elang. Itu adalah sebuah contoh dan masih banyak rantai makanan lainnya yang ada di sekeliling kita. Seperti disebutkan di atas, jika kita tidak menjaga keseimbangan rantai makanan maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Contohnya apa yang terjadi di negara cina pada sekitar tahun 1950 an, pada waktu itu pemimpin cina menyuruh rakyatnya untuk membunuh sejenis burung gereja, karena dianggap menjadi hama tanaman padi. Memang kenyataannya benar, burung tersebut secara bergerombol memakan padi yang akan di panen.

Pemimpin cina menyuruh membunuh semua burung gereja, bahkan memberi hadiah atau penghargaan kepada siapa yang membunuh banyak burung. Perintah tersebut diharapkan untuk meningkatkan hasil panen padi, sehingga petani dan negara lebih untung. Akan tetapi apa yang terjadi adalah sebaliknya, semua tanaman padi menjadi gagal panen.

Apa yang terjadi adalah panen gagal disebabkan karena tanaman padi diserang oleh hama wereng, belalang dan ulat. Hama tersebut seharusnya menjadi makanan dari burung burung yang dibasmi, akan tetapi burung tersebut tidak ada. Hal tersebut adalah sebuah tidak adanya keseimbangan rantai makanan dalam ekosistem.

Setelah terjadi gagal panen di mana mana, terjadi bencana kelaparan yang parah di negara cina dan hal tersebut diakibatkan kebijakan pemimpin cina. Itulah salah satu contoh jika kita tidak menjaga keseimbangan dalam sebuah rantai makanan. Jadi dalam alam ini terjadi keseimbangan dan saling membutuhkan antara satu dan lainnya.

Dalam contoh rantai makanan di atas, jika nyamuk tidak ada maka katak akan mati karena tidak ada makanannya. Jika katak tidak ada maka ular akan kehilangan makanannya, jika ular tidak ada maka burung elang akan tanpa makanan. Jika rantai makanan dan di dalamnya terdapat manusia maka keseimbangan rantai makanan tersebut harus dijaga. Jika tidak, maka kelangsungan hidup manusia akan terancam dan terganggu. 

0 Response to "Pengertian Rantai atau Jaring Jaring Makanan di Dunia Hewan yang Perlu Kita Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel