Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Dibalik Malam Lailatul Qodar saat Bulan Ramadan

Kita mungkin pernah mendengar malam lailatul qodar, malam ini adalah jika kita beribadah pada malam tersebut maka pahalanya seperti beribadah seribu bulan. Hal tersebut disebutkan dalam Al Qur’an, maka sebuah keutamaan bagi umat nabi Muhammad. Jadi kita jangan sampai melewatkan malam tersebut jika kita tidak ingin kehilangan keutamaannya.
masjid
masjid
Jika begitu kapankan malam lailatul qodar ? Dalam keterangan dalam sebuah kitab disebutkan bahwa malam tersebut terjadi pada setiap tanggal 27 bulan ramadan tanggal hijriyah. Mulai pukul 16 sudah masuk tanggal tersebut karena pergantian tanggal hijriyah adalah jam 16. Untuk itu perbanyaklah beribadah pada malam tersebut sehingga mendapatkan pahala yang banyak.

Diceritakan bahwa pada zaman dahulu ada seorang yang saleh bernama samson, orang tersebut sangat kuat dan perkasa. Akan tetapi banyak orang yang memusuhinya sehingga ingin mencelakainya. Pada suatu hari orang orang tersebut membujuk istrinya untuk menanyakan kelemahannya dan sebagai gantinya ia diberi imbalan uang yang banyak.

Kemudian istri samson menanyakan kelemahan suaminya, kemudian ia menjawab bahwa kelemahannya adalah pada rambutnya. Jika rambutnya dipotong maka ia akan kehilangan kekuatannya sehingga tidak bisa apa apa. Pada saat samson tidur istrinya memotong rambutnya untuk mendapatkan imbalan dari orang yang memusuhinya.

Ia tidak menyadari bahwa rambutnya dipotong oleh istrinya, setelah ia bangun kemudian musuhnya menangkap dan menyiksanya. Setelah menyiksanya para musuhnya ingin membunuhnya, pada saat itulah samson berdoa kepada Tuhan untuk dikembalikan kekuatannya sehingga dapat mengalahkan musuhnya.

Dengan mengembalikan kekuatannya tersebut samson berjanji akan selalu beribadah kepadaNya, kemudian tuhan mengabulkan permintaannya. Setelah kekuatannya kembali samson mengalahkan semua musuh musuhnya sampai orang yang melihatnya keheranan. Setelah mengalahkan musuhnya samson beribadah kepada Tuhan selam 1000 bulan, yang jarang bisa dilakukan oleh orang lain secara umum.

Kisah tersebut diceritakan oleh Nabi kepada para sahabatnya dan para sahabat keheranan  dan takjub dengan ada seseorang yang beribadah selama 1000 bulan. Oleh karena itu Allah menurunkan keistimewaan kepada umat Muhammad yaitu malam lailatul qodar. Jika beribadah pada malam tersebut maka akan memperoleh pahala seperti pahalanya beribadah 1000 bulan, bahkan lebih baik atau lebih banyak lagi. Demikianlah penjelasan tentang keutamaan malam lailatul qodar, semoga bermanfaat bagi para pembaca.