Beberapa Tips Dalam Belajar yang Efektif dan Efisien

Mencari ilmu itu wajib mulai dari dalam kandungan sampai mati, dan tentu mencari ilmu itu tidak lari dari namanya belajar. Zaman sekarang sudah banyak sekali siswa yang menyepelekan belajar, apalagi kalau masalah tugas sekolah, bukannya mereka belajar di rumah malahan main game terus, ketika ditanya sama orang tuanya :
belajar
belajar
“ada tugas sekolah nggak nak ?”
“ada bu, gampanglah nanti juga selesai tinggal copy paste doang”

Dengan kata kata demikian siswa sering kali menyepelekan soal belajar, padahal belajar adalah kewajibannya. Mungkin mereka belum tau manfaat belajar atau mungkin dia tidak tau harus belajar apa dan bagaimana, kemudian mereka tidak bisa membagi waktunya untuk belajar. Nah sekarang admin akan membagikan tips tips belajar agar efektif dan efisien, diantaranya yaitu :

1. Menetapkan Tujuan

Cara belajar yang efektif dan efisien pertama kamu harus mempunyai tujuan / target yang ingin di capai. Contoh “aku harus bisa masuk perguruan tinggi yang ternama di indonesia” dengan memasuki perguruan tinggi tersebut, tentunya harus memiliki nilai yang mumpuni. Oleh karena itu kamu harus menarget belajarmu agar menghasilkan hasil dengan semaksimal mungkin, bagaimana caranya berhasil ? Yaitu kamu harus mengatur waktu belajarmu agar tetap konsisten sehingga berhasil.

2. Atur jadwal belajar

Kamu harus membuat jadwal belajarmu, karena apa ? ketika kamu mempunyai jadwal belajar, maka akan terkendalikan dengan baik. Dan kamu dalam hal ini bisa disiplin belajar, misalkan “jam 8 sampai jam 9 malam adalah waktu untuk belajar” dengan adanya jadwal seperti itu kamu bisa mengaplikasikan pembelajaran dengan baik.

Belajar setiap hari adalah salah satu kunci agar hasil belajarmu maksimal dan cepat diserap oleh otak. Belajar 20 menit setiap hari itu lebih baik dari pada belajar beberapa jam dalam satu malam.

3. Buat suasana nyaman

Sebelum kita belajar persiapkanlah tempat yang nyaman dan sunyi agar proses belajar kita lebih fokus. Ketika keramaian menyelimuti tempat belajar kita, maka belajar kita akan terganggu sehingga tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Kemampuan setiap manusia berbeda, ada yang lebih cepat menangkap pelajaran di tempat ramai, dan ada juga yang cepat dalam belajar pada kondisi sepi. Hanya kita sendiri yang lebih tau memilih cara mana yang bagus untuk belajar.

4. Membuat rangkuman

Belajarlah merangkum pelajaran yang telah kita dapatkan dari membaca buku. Kemudian simpulkan dengan sederhana, padat, dan berisi, karena dengan belajar merangkum kita dapat belajar dengan cepat dan mudah serta tidak membuang waktu yang lama. Ketika kita belajar satu buku penuh, itu akan membuat belajar kita menjadi lama karena membaca satu buku itu membutuhkan waktu yang lama.

Di saat kamu membuat rangkuman, sebenarnya kita sedang mengulang pelajaran yang telah didapatkan. Dengan metode ini kamu dapat mengingat kembali pelajaran secara efektif. Dan jangan lupa buatlah rangkuman dengan kalimat yang kamu bisa, karena lebih mudah dalam menulisnya. Dengan merangkum sendiri, akan membuat kamu mengingat poin poin penting yang terdapat pada pelajaran tersebut.

5. Belajar bersama

Metode ini sering menjadi metode yang paling efektif dalam belajar, karena dengan belajar kelompok kita akan mendapatkan berbagai materi dan pendapat. Dalam hal ini kita dapat menyimpulkan masalah pelajaran dengan mudah, serta untuk memperkuat materi yang akan anda pelajari.

6. Belajar dan praktik

Kitaa pasti suka dengan metode ini ...! karena belajar dengan praktik adalah cara yang dapat membuat kita senang dan tidak cepat bosan, contoh ketika praktik TIK, secara teori kita pasti tidak paham dan bosan. Dengan adanya praktik, kita langsung paham dan tahu kegunaan TIK seperti ini dan itu, dan juga dengan metode ini anda mendapat pengalaman yang lebih baik.

7. Mengerti bukan menghafal

Pada metode ini kita harus benar benar memahami  apa yang terkandung dalam pelajaran, bukan menghafal ya ...! Karena dengan paham kita dapat mengingat terus materi pelajaran yang sudah terlewatkan. Sedangkan kalau menghafal itu akan berakibat mudah lupa pada materi pelajaran yang telah terlewatkan.

Jangan khawatir dengan apa yang sudah kita usahakan dalam hal belajar, percayalah ... barang siapa yang bersungguh sungguh pasti akan berhasil, dan jangan lupa berusaha sambil berdoa agar hasilnya maksimal. Sekian dari saya apabila ada kata kata yang kurang pas saya mohon maaf, karena metode ini saya ungkapkan melalui pemahaman dan pemikiran pribadi, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Beberapa Tips Dalam Belajar yang Efektif dan Efisien"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel