Beberapa Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia

Hutan adalah sebuah kawasan yang banyak ditumbuhi berbagai macam tumbuhan yang lebat atau banyak ditumbuhi tanaman sehingga jika dipandang berupa kawasan yang hijau. Hutan juga sebagai sumber jantung kehidupan manusia berlangsung, bila tak ada hutan maka ekosistem manusia akan punah.
hutan
hutan
Di dalam hutan juga menyimpan jenis jenis hewan dan tumbuhan yang saling melengkapi antara makhluk simbiosis dunia. Dengan adanya penghijauan hutan yang dilakukan oleh pemerintah, dapat berfungsi untuk kelangsungan hidup manusia, dengan tanpa adanya hutan maka tidak ada oksigen untuk dihirup dan populasi rantai makanan pun akan punah. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat hutan bagi kelangsungan hidup manusia :

1. Sebagai paru paru dunia

Hutan sebagai paru paru dunia, maksudnya adalah hutan merupakan sumber terbesar oksigen dan menyerap karbon dioksida. Pepohonan yang ada di hutan merupakan sumber pokok yang dapat menghasilkan oksigen yang alami untuk kelangsungan hidup manusia. Kalau tidak ada oksigen manusia harus bernafas, dengan begitu oksigen adalah merupakan sumber kehidupan. Maka dengan hal ini para pakar kesehatan sepakat kalau hutan itu adalah paru paru dunia.

2. Menjaga keseimbangan ekosistem

Fungsi hutan yang kedua adalah menjaga keseimbangan ekosistem. Di dalam hutan juga terdapat berbagai spesies hewan dan tumbuhan yang keduanya saling menjaga antara satu sama lain demi kelangsungan hidup dan ekosistem rantai makanan. Bila hutan sudah hangus dilalap si jago  merah, maka habislah sumber kehidupan di dalam hutan tersebut. Dan itu akan mempengaruhi kelangsungan kehidupan manusia.

3. Mendinginkan suhu bumi

Manfaat hutan selanjutnya adalah menyejukkan atau mendinginkan suhu bumi. Pada saat ini banyak sekali terjadi kebakaran dan penebangan hutan yang ilegal atau tanpa izin dari pemerintah. Selain itu juga banyak pembangunan pabrik industri di kawasan hutan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, maka hal tersebut membuat suhu di bumi meningkat pesat yang tadinya 18o  menjadi 30o.. Dengan kondisi seperti itu kita harus melakukan gerakan tanam seribu pohon agar hutan kita tetap utuh dan juga ekosistem yang ada di dalamnya tetap terjaga.

4. Menyuburkan tanah

Hutan juga dapat menyuburkan tanah, pepohonan yang ada di hutan itu akan menjatuhkan dedaunan, kemudian daun itu akan membusuk dan terurai sehingga menjadi pupuk alami yang bermanfaat bagi tanah tempat tersebut.

5. Mencegah banjir dan tanah longsor

Sekarang sudah banyak sekali terjadi banjir dan tanah longsor di berbagai daerah. Hal tersebut dikarenakan banyak terjadi penebangan pepohonan hutan yang liar yang mengakibatkan terjadinya longsor dan banjir. Dengan adanya musibah tersebut kita harus berupaya dengan maksimal untuk menanggulangi bencana tersebut dengan cara penghijauan atau tanam seribu pohon agar hutan kita tidak gundul. Jika hutan kita lebat maka enak untuk dipandang dan dapat menjadi tempat wisata.

6. Sebagai sumber obat obatan

Mayoritas di indonesia pulaunya diselimuti oleh hutan yang besar, terutama puau kalimantan dan papua. Didalamnya juga terdapat berbagai jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai obat yang alami di kalangan medis. Nah kita sudah tau betapa pentingnya hutan itu untuk kelangsungan hidup manusia, mari kita jaga hutan kita dari orang yang tidak bertanggung jawab agar tetap lestari dan tidak punah

0 Response to "Beberapa Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel