Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Pembuatan Kopi Luwak dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kopi luwak adalah kopi yang terbuat dari biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak atau musang kelapa. Kopi ini asli dari indonesia, yang sudah ditemukan pada abad ke 19, dan kopi ini harganya paling mahal sedunia bisa mencapai 100 dolar per 450g. Kalau di inggris dijual seharga 70 pound atau setara dengan Rp10 juta.
kopi
kopi
Biji kopi ini memiliki bau dan rasa has yang berbeda dengan kopi lainnya yang di proses melalui hewan luwak. Dari keterangan di atas kita sudah tahu betapa terkenalnya kopi luwak indonesia sampai seluruh dunia, karena dengan ciri has rasa dan bau yang berbeda dan di cerna dengan proses yang berbeda dengan metabolisme dalam tubuh luwak. Berikut inilah tata cara membuat kopi luwak dan manfaatnya bagi kesehatan ...

1. Memilih biji kopi yang terbaik

Kita sudah tahu bahwa di indonesia penghasil kopi terbaik adalah lampung, dan juga kopi luwak pertama kali muncul berasal dari tanah lampung. Kemudian  pemilihan biji yang terbaik dan penyaringan kopi yang pertama sangat ketat, pemilihan kopi yang dipilih adalah kopi yang berwarna merah saja dan segar, setelah itu kopi direndam untuk memilik mana kopi yang layak untuk di proses selanjutnya.

2. Memberi biji kopi pada luwak

Setelah dipilih secara ketat, kemudian kopi di pindah ke dalam beberapa wadah untuk diberikan ke luwak. Luwak yang dipakai adalah luwak jenis binturong, luwak ini memiliki penciuman yang tajam, dan bisa memilih kopi mana yang sudah berkapasitas  matang dengan sempurna. Sehingga nantinya bisa menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi. Setelah melalui produksi para luwak, kopi kemudian di jemur atau di cuci terlebih dahulu untuk dinetralisirkan. Pencuciannya di campur dengan tanah kemudian di goreng 7 kali.

3. Proses penggilingan

Setelah melewati proses pengeringan, selanjutnya adalah proses pembubukan atau penggilingan kopi luwak. Sebelum di giling kopi harus disortir secara manual biar kelihatan mana kopi yang utuh dan pecah pada saat proses pengeringan, untuk menciptakan biji kopi yang berkualitas.

4. Proses pengemasan

Setelah digiling, kopi kemudian dikemas secara manual dengan kemasan alumunium foil dan kopi siap di pasarkan.

Berbagai manfaat kesehatan yang terkandung dalam kopi luwak, diantaranya adalah dapat menghilangkan stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, meningkatkan daya ingat dan memperkuat otot. Nah itulah proses panjang pengolahan kopi luwak, untuk demi mendapatkan secangkir kenikmatan yang tiada duanya dengan kopi lain, dan kopi luwak sampai sekarang belum ada yang menandingi kemahalannya, kenikmatan, dan aromanya yang membuat pikiran langsung rileks.

Post a Comment for "Proses Pembuatan Kopi Luwak dan Manfaatnya Bagi Kesehatan"