Cara Membuat Sumur Bor Sendiri di Rumah

Sumur adalah sebuah sumber air yang sengaja digali untuk dapat mengeluarkan air sehingga dapat dimanfaatkan oleh pembuatnya atau orang lain. Sumur adalah hal yang sangat penting, karena dapat memberikan kebutuhan air bagi masyarakat. Air adalah benda yang sangat penting bagi makhluk hidup khususnya bagi manusia, karena tanpa air makhluk hidup mustahil untuk dapat bertahan hidup.
sumber air
sumber air
Sumur ada dua macam, yaitu sumur biasa dan sumur bor, kebanyakan di kota kota menggunakan sumur bor, karena lebih efisien tempat. Sedangkan sumur biasa banyak terdapat di masyarakat pedesaan, karena masih jarang mengetahui teknologi untuk membuat sumur bor dan tempat yang masih luas.

Dalam pembuatan sumur biasa dapat menggunakan batu bata yang disusun, saat galian sumur sudah dalam maka diberi batu bata yang disusun di setiap sisi dinding sumur. Cara tersebut mempunyai kelemahan mudah runtuh pada beberapa waktu yang akan datang, 100 sampai 200 tahun. Kemudian ada yang menggunakan buis beton, jika menggunakannya hasilnya sumur cukup awet dan tidak mudah runtuh.

Selain itu pengerjaannya lebih mudah dibandingkan dengan batu bata, karena tidak perlu menyusunnya sedemikian rupa. Dalam membuat sumur biasa kedalaman tidaklah terlalu dalam, cukup 5 sampai 10 meter saja sudah dapat mengeluarkan air. Banyaknya air tergantung pada tempat  dan posisi sumur, jika dekat dengan sumber air lain seperti sungai dan danau maka air sumur cukup banyak.

Jika jauh dari sumber air lain dan berada pada dataran yang agak tinggi maka kapasitas air yang dapat dikeluarkan oleh sumur lebih sedikit. Dalam perkotaan dengan tempat yang semakin sedikit sumur bor adalah solusi untuk pembuatan sumur. Dalam membuatnya kita bisa meminta pada jasa pembuatan sumur bor, besar biaya yang dikeluarkan tergantung kedalaman sumur bor.

Semakin dalam sumur bor semakin besar biaya yang dikeluarkan, karena tingkat kesulitan dan waktu lebih lama dalam pembuatannya. Kita bisa membuat sumur bor sendiri di rumah dengan mengandalkan peralatan yang dibutuhkan. Akan tetapi harus ada minimal satu orang yang mengawasi dan sudah berpengalaman dalam pembuatan sumur bor.

Untuk mempelajari pembuatan sumur bor cukuplah mudah, orang yang beberapa kali ikut dalam pembuatan sumur bor sudah bisa membuat sumur bor sendiri. Alat yang dibutuhkan untuk membuat sumur bor yaitu mesin pendorong pipa dan mata bor, kemudian pipa panjang untuk pegangan dalam pengeboran.

Perlu diperhatikan artikel di atas adalah sebagai wawasan saja, untuk praktik pembuatan sumur bor sendiri di rumah dibutuhkan bimbingan oleh orang yang benar benar ahli dalam pembuatan sumur bor. Hal tersebut cukup penting karena untuk menghindarkan kecelakaan kerja dan berbagai hal yang tidak diinginan. 

0 Response to "Cara Membuat Sumur Bor Sendiri di Rumah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel