Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan Awal Bergulirnya Ligue 1 atau Liga Prancis

Prancis adalah salah satu negara yang maju di dunia, selain itu prancis juga salah satu dari negara anggota uni eropa. Negara prancis mempunyai sejarah yang panjang dan pernah menguasai sebagian besar eropa di bawah kepemimpinan napoleon. Selain itu prancis mempunyai buaya yang tinggi sehingga menarik banyak wisatawan dunia.
olympique lyon
olympique lyon
Ligue 1 atau liga prancis adalah sebuah kompetisi liga yang ada di prancis yang diikuti oleh 20 tim sepak bola. Ligue 1 pertama kali digulirkan pada tahun1932 dan diikuti oleh 20 tim sepak bola sejak tahun 2002, yang sebelumnya hanya diikuti oleh 18 tim. Pada akhir musim 3 tim terbawah akan terdegradasi ke liga dibawahnya yaitu ligue 2 dan 3 tim teratas di ligue 2 akan naik kel ligue 1.

Sepak bola di prancis pertama kali diperkenalkan oleh laki laki dari inggris di pelabuhan le havre yang berada di tepi laut yang memisahkan prancis dan inggris. Orang inggris tersebut juga yang pertama kali mendirikan klub sepak bola di prancis, jadi orang inggris adalah orang yang berjasa dalam dunia sepak bola prancis.

Salah satu klub yang ada di liga prancis pernah menjuarai liga champions yaitu marseille, dengan begitu liga prancis adalah salah satu liga terbaik di benua eropa. Banyak bintang yang bermain di liga ini yang berasal dari berbagai negara. Dari para pemain bintang tersebut ada yang mengantarkan negaranya menjuarai piala dunia.

Pada tahun 1998 prancis menjuarai piala dunia setelah mengalahkan brasil di final dengan skor 3-0, dan di antara pemain dalam tim prancis ada yang bermain di ligue 1. Dengan begitu hal tersebut menaikkan pamor di mata sepak bola dunia dan menarik para pemain sepak bola untuk bermain di liga tersebut. 

Jules rimet adalah orang yang pernah memimpin sepak bola di prancis yang merupakan salah satu pelopor atau penggagas piala dunia. Selain itu namanya dijadikan nama trofi pertama piala dunia karena dedikasinya dalam turnamen tersebut.