Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan Awal Bergulirnya Bundesliga atau Liga jerman

Bundesliga atau liga jerman adalah sebuah liga sepak bola utama yang bergulir di jerman dan diikuti oleh 18 klub. Jerman adalah salah satu negara yang berada di benua eropa dan termasuk negara yang maju diantara negara lainnya. Liga jerman adalah masuk dalam kategori liga yang paling maju dan populer karena banyaknya prestasi klub di liga tersebut dan penonton di setiap pertandingan yang tinggi.
borussia dortmund
borussia dortmund
Bahkan saat artikel ini di tulis rata rata jumlah penonton di liga jerman adalah yang tertinggi di dunia, rata rata jumlahnya sekitar 45.000 penonton. Liga jerman dibentuk pada tahun 1963 dan sekarang mempunyai banyak stadion yang modern, sehingga mencerminkan liga papan atas dunia. Pada awalnya liga jerman bergulir di tingkat amatir, kemudian dibentuklah liga yang lebih profesional untuk meningkatkan prestasi tim nasional jerman dan klub sepak bola jerman.

Sampai artikel ini ditulis klub yang paling banyak menjuarai liga jerman adalah bayern munchen, borussia monchengladbach dan borussia dortmund. Selain berprestasi di kompetisi lokal klub sepak bola jerman juga berprestasi di kompetisi eropa, yaitu piala champions. Klub yang berprestasi atau menjuarai di kompetisi tersebut yaitu bayern munchen dan borussia dortmund.

Dari kompetisi yang diadakan di jerman telah melahirkan banyak pemain bintang yang bersinar di jerman dan kompetisi di luar jerman. Liga inggris, spanyol, italia dan prancis adalah tempat bersinarnya para pemain jerman sehingga menjadi pemain yang terkenal. Para pemaian bintang jerman juga berjasa untuk tim nasional jerman hingga menjuarai piala dunia sampai 4 kali.

Pada tahun 2014 jerman menjuarai piala dunia di brazil dengan mengalahkan tim argentina di final kompetisi. Pada waktu itu jerman juga mengalahkan tim tuan rumah yaitu brazil dengan skor yang cukup besar yaitu 7- 1. Selain di piala dunia tim nasional jerman juga berprestasi di piala eropa, jerman 3 kali menjuarai kejuaraan tersebut. Oleh karena itu jerman adalah negara yang mempunyai dunia sepak bola yang maju karena mempunyai liga yang bagus, menjuarai piala eropa dan piala dunia.