Tiga Amal yang Bisa Menambah Pahala Walaupun Sudah Meninggal

Setiap makhluk yang ada di dunia ini dan mempunyai nyawa pasti akan menemui ajalnya tau meninggal, itu adalah sebuah keniscayaan. Tidak lain setiap umat muslim pasti akan meninggal dunia pada waktu yang telah ditentukan oleh tuhan. Orang yang hidup di dunia secara umum membutuhkan keduniawian atau uang untuk mencukupi kebutuhannya.
ibadah
ibadah
Akan tetapi jika orang yang telah meninggal dunia yang dibutuhkan dan menentukan senang tidaknya di alam kubur adalah amal baik selama di dunia. Jika semasa hidupnya amalnya baik maka di alam kubur dan akhirat maka keadaannya akan baik, begitu juga sebaliknya. Seorang muslim jika sudah meninggal dunia maka amalnya akan putus atau amal baiknya tidak bisa bertambah.

Menurut sabda Nabi bahwa setiap umat muslin jika sudah meninggal dunia maka amalnya akan putus kecuali tiga perkara, yaitu doa anal saleh, amal jariah dan ilmu manfaat. Berikut ini akan admin jelaskan setiap dari tiga perkara berikut, yaitu ...

1. Doa anak saleh

Doa anak saleh adalah doa yang ditujukan kepada yang sudah meninggal, yaitu orang tuanya, kakeknya dan lainnya. Setiap muslim yang meninggal di alam kuburnya keadaannya berbeda beda, ada yang di tempat yang terang dan nyaman, kemudian sebaliknya ada yang dalam keadaan gelap dan sempit, bahkan ada yang disiksa.

Menurut sebuah keterangan bahwa ruh orang yang meninggal pada malam jum’at datang ke keluarganya, yaitu anaknya atau cucunya. Ia mengharapkan keluarganya mengirimkan doa atau amal baik kepadanya, akan tetapi jika tidak ada yang mengirim maka ia pulang ke kuburannya dengan menangis.

Jadi kita sebaiknya selalu mengirim doa dan amal saleh kepada keluarga kita yang sudah meninggal, setidaknya satu minggu sekali setiap hari jum’at. Makanan orang yang masih hidup adalah makanan yang kita makan sehari hari dan makanan orang yang telah meninggal adalah doa dan amal baik.

Untuk itu selagi kita masih hidup perbanyaklah amal baik dan jangan lupa mengirim doa kepada keluarga kita yang sudah meninggal dunia. Setelah kita sudah meninggal dan jika kita menginginkan doa dari anak kita tentunya kita harus mempunyai anak yang saleh yang bisa mendoakan kita.

Untuk itu kita selalu mendidik anak kita dan memberi pendidikan agama dengan memasukkan pendidikan pesantren, atau sekolah yang ada pendidikan agamanya. Selain itu jadilah orang yang baik karena ada pepatah mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Jadi jika kita menginginkan anak yang baik dan saleh maka jadilah orang yang baik dan mengamalkan agama.

2. Amal jariah

Amal jariah adalah amal seperti memberi wakaf tanah, bersedekah untuk masjid atau pesantren dan bisa dikatakan kemanfaatannya masih ada walaupun kita sudah meninggal. Misalnya kita memberi tanah wakaf kemudian dibuat madrasah atau tempat mengaji, jika kita meninggal dan tanah tersebut masih dimanfaatkan maka kita akan mendapatkan pahala.

Misalnya orang yang bersedekah untuk pembangunan masjid, kemudian uangnya untuk membeli pasir dan jadilah masjid tersebut. Jika orang tersebut meninggal dan masjidnya masih ada digunakan beribadah, maka orang tersebut masih mendapatkan pahala.

3. Ilmu manfaat

Ilmu manfaat adalah orang yang mencari ilmu agama kemudian diamalkan dan diajarkan kepada banyak orang. Ilmu tersebut kemudian diamalkan dan diajarkan kembali kepada orang lain, maka orang yang mengajarkan pertama kali ilmu tersebut meninggal maka akan tetap mendapatkan pahala.

Jadi jika kita ingin mendapatkan pahala ilmu manfaat setelah mati maka carilah ilmu sebanyak banyaknya kemudian diajarkan kepada orang banyak. Demikianlah 3 perkara yang bisa menambah pahala seseorang walaupun sudah meninggal dunia, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel