Sejarah dan Awal Uang Kertas yang Kita Gunakan Sehari Hari

Uang kertas adalah alat untuk menukar barang yang kita gunakan sehari hari agar lebih mudah, berbeda dengan zaman dahulu yang menggunakan sistem barter dan menggunakan uang emas. Jika membeli barang menggunakan emas maka akan sulit untuk memecahnya jika membutuhkan untuk membeli barang yang lebih murah.
uang
uang
Uang kertas pertama kali diperkenalkan di negara amerika dan pada saat itu jual beli barang menggunakan emas. Negara amerika pernah mengalami perang saudara yang memakan banyak biaya dan korban. Perang tersebut disebabkan karena perbedaan pendapat tentang perbudakan di negara tersebut.

Amerika bagian utara berpendapat bahwa perbudakan lebih baik dihapuskan, sedangkan amerika bagian selatan ingin mempertahankan perbudakan. Karena perselisihan tersebut terjadilah perang saudara yang besar dan memakan jutaan korban. Dan pada akhirnya perang tersebut dimenangkan oleh amerika utara yang mendukung penghapusan perbudakan.

Perang tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar dan pada waktu itu amerika tidak mempunyai biaya tersebut. Kemudian negara amerika berhutang pada bank dengan jumlah yang sangat besar dan pada akhir perang tidak bisa membayarnya. Karena tidak bisa membayar maka negara amerika menerbitkan surat utang untuk sementara mengganti pinjaman tersebut.

Dalam tahap selanjutnya surat utang atau uang kertas tersebut juga digunakan oleh sebagian masyarakat di negara amerika. Kemudian pada waktu itu oleh presiden amerika seluruh warga amerika diperintahkan untuk menukar uang emasnya dengan uang kertas. Akhirnya di seluruh negara amerika menggunakan uang kertas untuk alat jual beli sehari hari.

Pada waktu itu uang tersebut dicetak sesuai dengan nilai emas yang ada, akan tetapi pada waktu selanjutnya uang di amerika dicetak tidak sesuai dengan emas yang ada. Bisa dikatakan uang dolar amerika tidak ada nilainya akan tetapi karena sebuah sistem ekonomi uang tersebut mempunyai nilai yang tinggi.

Pada perkembangannya selain di amerika uang kertas juga digunakan di negara lain, seperti negara yang kita tinggali. Uang kertas yang kita miliki jika di amati adalah sebuah surat yang ditandatangani oleh sebuah kementrian atau badan terkait, seperti gubernur bank. Demikianlah kurang lebih sejarang dan awal mula uang kertas, semoga menambah wawasan para pembaca. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel