Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Indonesia Dijajah Selama 350 Tahun oleh Belanda

Indonesia adalah salah satu negara yang terletak di kawasan asia tenggara dan wilayahnya yang berbentuk kepulauan. Indonesia mempunyai sejarah yang panjang mulai dari zaman kesukuan, kerajaan, penjajahan dan zaman modern seperti sekarang ini. Sebelum terbentuk kerajaan di indonesia sudah ada kelompok atau suku yang mendiaminya.
indonesia
indonesia
Kemudian datanglah pendatang dari daratan india yang beragama hindu dan budha untuk membentuk peradaban baru dan mungkin menyebarkan agamanya. Banyak kerajaan hindu budha yang berdiri di indonesia, salah satunya yaitu kerajaan pajajaran, majapahit, kutai, sriwijaya dan lainnya.

Di indonesia kerajaan terbesar dalam sejarah yaitu kerajaan majapahit yang terletak di pulai jawa, lebih tepatnya di jawa timur. Kerajaan tersebut menguasai hampir seluruh daerah indonesia saat ini bahkan lebih besar lagi. Akan tetapi karena sebuah perang saudara kerajaan tersebut mulai mengalami kemunduran dan runtuh.

Setelah keruntuhannya muncullah kerajaan baru yaitu kerajaan demak yang bercorak agama islam, karena pada waktu itu masuk agama islam di indonesia. Seperti kerajaan majapahit kerajaan demak mengalami perang saudara dan runtuh sehingga muncul kerajaan lain. Kerajaan tersebut adalah kerajaan pajang yang ada di daerah magelang, setelah meninggalnya rajanya yang pertama kerajaan tersebut seperti tidak ada penerusnya.

Setelah itu muncullah kerajaan mataram baru yang ada di daerah yoyakarta sampai datangnya penjajahan di indonesia. Banyak negara yang datang ke indonesia untuk membuat koloni atau menjajah dan mengambil kekayaan alamnya. Negara tersebut seperti belanda, spanyol, portugis, inggris dan lainnya dengan jangka waktu relatif beragam.

Belanda adalah negara mayoritas yang menguasai dan menjajah indonesia dalam segi luas wilayah dan jangka waktu lamanya. Dalam menguasai indonesia, belanda melakukannya sedikit demi sedikit, salah satunya dengan membangun benteng di berbagai tempat. Pada saat itu terjadi pemberontakan di kerajaan mataram oleh trunojoyo, sampai bisa menguasai ibu kota kerajaan tersebut.

Kemudian penguasa mataram melarikan diri dan meminta bantuan VOC atau kongsi dagang dari kerajaan belanda. Dengan bantuan tersebut VOC dijanjikan uang dan dapat mengontrol di beberapa daerah di jawa. Akhirnya mataram dan VOC bergabung untuk mengalahkan pemberontakan trunojoyo dan berhasil.

Setelah perjanjian mataram dan VOC tersebut pengaruh belanda di jawa semakin besar dan selanjutnya dapat menguasai seluruh jawa dan bahkan indonesia. Belanda adalah negara yang paling getol untuk menjajah tanah indonesia dan mengambil kekayaan alamnya. Belanda menjajah negara indonesia kurang lebih selama 350 tahun sampai akhirnya datanglah pasukan jepang ke indonesia.

Datangnya tentara jepang ke indonesia karena meletusnya perang dunia ke 2, yang dimotori oleh jerman, italia dan jepang di blok  sentral. Setelah jatuhnya bom atom di kota hirosima dan nagasaki, jepang menyatakan menyerah pada sekutu dengan tanpa syarat. Akibat hal tersebut terjadi kekosongan kekuasaan di indonesia kemudian terjadilah proklamasi yang menyatakan kemerdekaan indonesia.

Dengan proklamasi tersebut berakhirlah penjajahan di indonesia dan bangsa indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Akan tetapi perjuangan barulah dimulai, karena belanda datang ke indonesia untuk menjajah kembali. Dengan perlawanan yang dilakukan tentara dan rakyat indonesia, pasukan belanda dan sekutunya berhasil dikalahkan.

Walaupun usaha belanda untuk menguasai indonesia dilakukan dua kali, yaitu agresi belanda satu dan dua, ia tetap tidak berhasil akan tujuannya tersebut. Pada intinya indonesia terjajah karena tidak bersatunya dan kurangnya jiwa nasionalis rakyat indonesia. Untuk itu indonesia akan kuat jika seluruh rakyat bersatu dan tertanam jiwa nasionalis di setiap jiwanya.