Lakukanlah 5 Perkara Sebelum 5 Perkara Terjadi

Manusia hidup di dunia hanyalah sementara jadi pergunakanlah untuk berbagai hal yang baik agar kita memperoleh pahala dan selamat di akhirat kelak. Banyak orang yang menyesal karena menyia nyiakan waktu dalam hidupnya yang digunakan untuk melakukan hal tidak berguna. Penyesalan terjadi pada waktu akhir, jadi kita harus memikirkan hal yang kita lakukan sehari hari. Salah satu ulama menyampaikan bahwa lakukanlah 5 perkara sebelum 5 perkara dan penjelasannya yaitu ...
sakit
sakit
1. Saat kaya sebelum miskin

Di saat kita kaya semua kebutuhan kita sudah tercukupi bahkan uang kita sudah berlebih dan bahkan digunakan untuk hal yang kurang perlu. Untuk itu sebelum miskin gunakan harta untuk hal yang baik, misalnya digunakan untuk beribadah dan sedekah. Jika kita tidak bisa menggunakan harta kita lagi, seperti menjadi miskin atau meninggal dunia maka itu sangat disayangkan sekali.

2. Sehat sebelum sakit

Manusia hidup di dunia tidaklah selamanya, pada akhirnya manusia menua dan sakit sakitan untuk itu gunakanlah untuk melakukan untuk hal baik pada waktu masih sehat. Misalnya untuk beribadah, bersilaturahmi dan lainnya yang membutuhkan tubuh yang sehat untuk melakukannya. Jika kita sudah menua dan sakit sakitan tentunya kita tidak bisa melakukan hal banyak seperti pada waktu kita sehat.

3. Muda sebelum tua

Manusia hidup semakin lama semakin tua dan mendekati ajalnya jadi tidak selamanya seseorang itu muda terus. Oleh karena itu selagi kita muda lakukanlah hal yang berguna dan bermanfaat untuk memperoleh bekal yang bermanfaat di umur tuanya. Misalnya seorang pemuda yang mencari ilmu dan bekerja untuk menjadi bekal saat membangun rumah tangganya.

4. Waktu luang sebelum sibuk

Jika kita mempunyai waktu luang maka waktu tersebut tidaklah selamanya, karena adakalanya kita mengalami dimana kita sibuk mengurusi sesuatu. Untuk itu waktu luang tersebut gunakanlah untuk melakukan hal yang berguna dan jangan menyia nyiakannya. Disamping itu waktu yang sudah terlewat adalah sesuatu yang paling jauh, karena kita tidak bisa menujunya kembali.

5. Hidup sebelum mati

Mati adalah sebuah keniscayaan atau kepastian yang akan dialami semua makhluk yang mempunyai nyawa. Jadi selagi kita hidup gunakanlah untuk hal yang baik jangan waktu semasa hidup kita digunakan untuk berbagai hal yang tidak berguna. Karena pada hari kiamat banyak orang yang menyesali hidupnya dahulu karena kurang dalam melakukan amal baik, sehingga kesulitan di hai tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel