Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Empat Unsur yang Membentuk Manusia Menjadi Hidup

Manusia adalah salah satu makhluk yang diciptakan Tuhan, selain itu juga hidup di dunia dengan berupa laki laki dan perempuan. Manusia adalah makhluk yang mempunyai ruh dan suatu saat akan meninggal karena setiap yang mempunyai nyawa pasti akan menemui ajalnya. Dalam sebuah kitab bahwa manusia terbentuk dari 4 unsur, yaitu tanah, air, udara dan api. Admin akan mencoba menerangkan penjelasannya dan penjelasan tersebut yaitu ...
tanah
tanah
1. Tanah

Tanah adalah bahan baku untuk membuat manusia yang diciptakan oleh Tuhan sesuai dengan keterangan dalam agama. Nabi adam adalah manusia pertama yang diciptakan dari tanah kemudian mempunyai keturunan manusia yang banyak. Kalau kita perhatikan manusia hidup dengan memakan makanan yang berasal dari sari tanah.

Makanan yang di makan manusia berasal dari buah buahan yang berasal dari tanaman dan tanaman tersebut hidup di atas tanah. Tanaman menyerap sari tanah untuk tumbuh dan hidup, selain itu juga untuk menghasilkan buah yang dapat di makan oleh manusia. Jika makanan berasal dari hewan, misalnya daging dan susu maka hewan tersebut memakan tanaman atau rumput yang hidup di tanah.

Dalam agama islam manusia yang telah meninggal maka jenazahnya dikuburkan di dalam tanah setelah dimandikan. Jadi hikmah dari hal tersebut yaitu semua makanan yang dimakan manusia yang rasanya enak atau tidak dan harganya mahal atau murah semuanya berasal dari tanah. Selain itu manusia dibuat dari tanah, memakan makanan berasal dari tanah dan setelah meninggal dikubur di dalam tanah, untuk itu jadilah manusia yang tidak sombong dan selalu berbuat baik karena manusia tidak hidup di dunia selamanya.

2. Air

Air adalah benda yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk hidup, karena 75% tubuh manusia adalah berupa cairan. Jika manusia tidak minum air maka akan mengalami dehidrasi dan bahkan bisa mengakibatkan meninggal dunia.

3. Udara

Udara atau oksigen adalah benda yang menjadikan manusia bisa bernafas sehingga dapat hidup dan beraktifitas sehari hari. Oksigen masuk ke dalam paru paru kemudian masuk ke darah dan diedarkan   ke seluruh tubuh dengan dipompa oleh jantung. Setelah terjadi pembakaran maka oksigen menjadi karbon dioksida kemudian dikeluarkan lewat paru paru.

4. Api

Dalam tubuh manusia terjadi pembakaran untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari hari. Pembakaran tersebut menimbulkan api sehingga api adalah bagian yang membentuk manusia. Sesuatu yang di bakar adalah sari makanan yang di ambil dari usus setelah di proses dari lambung makanan.

Dalam sebuah pembakaran membutuhkan oksigen dan hal tersebut dibuktikan dalam sebuah percobaan sains. Jika sebuah lilin yang di nyalakan dan ditutup dengan sebuah gelas maka nyala lilin tersebut akan mati karena oksigen di dalamnya telah habis. Dari kejadian tersebut membuktikan bahwa sebuah pembakaran membutuhkan oksigen den kemudian menjadi karbon dioksida.

Begitulah penjelasan dari bahwa manusia terbentuk dari 4 unsur yaitu tanah, air, udara dan api yang penting kita perhatikan. Karena hal tersebut menyangkut kesehatan, misalnya jika udara yang kita hirup tercemar maka tubuh kita kekurangan oksigen dan mengakibatkan kita sakit. Jika kita kelebihan berat badan karena banyak lemak yang menumpuk maka kita bisa membakarnya dengan berolahraga.