Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Mula dan Proses Terjadinya Air Hujan di Langit

Air hujan adalah sangat penting bagi kehidupan manusia, selain itu hewan dan tumbuh tumbuhan juga membutuhkannya. Jika turun hujan maka sungai akan mengalir dan danau terisi air, selain itu sumur sumur penduduk juga mengeluarkan air sehingga dapat digunakan sehari hari. Hewan juga membutuhkan air untuk minum, apalagi ikan dan hewan air lainnya yang akan sulit hidup tanpanya.
hujan
hujan
Tanpa air tumbuh tumbuhan akan sulit hidup dan bahkan bisa mati, seperti pertanian di sawah yang hampir mustahil hidup jika tanpa air. Pertanian tersebut sangat penting bagi petani karena sebagai ladang penghasilan, selain itu juga masyarakat banyak karena untuk makanan hidup. Dalam satu tahun ada kalanya musim penghujan dan kemarau, selain itu juga ada musim dingin, semi dan gugur.

Terjadinya hujan yaitu berawal dari uap air yang sangat banyak dan berkumpul di langit kemudian terbawa angin dan berpindah tempat. Uap air tersebut berasal dari air laut yang terkena sinar matahari terus menerus, dan akhirnya uap tersebut menjadi sangat banyak. Setelah uap tersebut berkumpul kemudian suhunya menjadi dingin dan menjadi air kembali.

Setelah menjadi dingin air tersebut sangatlah banyak kemudian jatuh ke bumi dan menjadi hujan yang sering kita lihat. Selain di daratan hujan juga terjadi di lautan, karena banyak pelaut yang mengalami hujan di tengah laut. Saat terjadi hujan sebaiknya sudah tersedia saluran air yang baik agar tidak terjadi banjir.

Apalagi dalam sebuah kota yang sedikit sekali tempat penyerapan air sehingga penting untuk membangun saluran air, untuk mengalirkan air ke sungai kemudian sampai ke laut. Selain itu juga penting untuk menjaga hutan di pegunungan untuk tempat penyerapan air agar air tidak langsung mengalir ke tempat yang lebih rendah. Karena jika debit air terlalu banyak maka bisa menimbulkan banjir dan menjadi bencana bagi masyarakat.

Air hujan juga bisa di tampung di sebuah bendungan yang dibangun oleh pemerintah dan air tersebut dari berbagai aliran air dari tempat yang lebih tinggi. Air di bendungan tersebut dapat dialirkan ke sungai untuk mengatasi kekurangan air pada musim kemarau. Air tersebut untuk kebutuhan sehari hari seperti untuk minum, mandi dan lainnya selain itu juga untuk mengairi pertanian.