Kekurangan Menggunakan Wordpress Self Hosting untuk Membuat Blog

Wordpress self hosting adalah sebuah platform untuk membuat blog atau situs bisnis, jual beli dan lainnya yang banyak digunakan oleh pengguna di internet. Cara untuk membuatnya yaitu kita tinggal menyewa domain dan hosting di situs yang menyediakan penyewaan domain dan hosting. Besar biaya yang kita keluarkan untuk menyewanya bervariasi, harga akan semakin mahal desertai dengan beberapa fiturnya bertambah dan semakin baik.
wordpress
wordpress
Yang kita maksudkan yaitu wordpress.org bukan wordpress.com, karena yang berdomain .com adalah bukan dihosting sendiri, sedangkan yang berdomain .org biasanya diinstal di situs penyedia hosting. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika kita menggunakan wordpres self hosting yang perlu kita perhatikan jika kita mau membuatnya, kelebihan dan kekurangannya yaitu ...

Kelebihan

1. Wordpress self hosting adalah blog yang dihosting sendiri, jadi tidak ada pihak yang akan menghapusnya, kecuali dari pihak kepolisian. Akan tetapi domain bisa diblokir oleh sebuah institusi, misalnya oleh negara dimana kita tinggal.

2. Kita bisa membuat dan memodifikasi situs dengan yang kita inginkan berbeda dengan wordpress.com dan blogger, kita kita tidak bisa memodifikasi blog kita.

3. Mempunyai plugin yang banyak sekali dan kita dapat menggunakannya dengan gratis dan ada yang berbayar. Wordpress sendiri adalah aplikasi open source yang dikembangkan secara bebas oleh banyak orang di seluruh dunia, jadi semakin hari akan semakin baik begitu juga fiturnya dan plugin yang mendukungnya.

Kekurangan

1. Wordpress self hosting adalah blog yang dihosting sendiri dan kita menyewanya hostingnya, tentunya membutuhkan biaya. Semakin bagus fitur hosting semakin mahal juga biaya yang kita keluarkan, untuk itu kita harus menyiapkan biaya sebelum kita membuatnya. Berbeda dengan wordpress.com dan blogger, kita bisa menggunakannya dengan gratis atau tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

2. Selain itu menggunakan wordpress self hosting adalah blog yang dihosting sendiri di penyewaan hosting, oleh karena itu fiturnya terbatas. Jika kita menyewanya dengan harga murah fitur yang kita dapatkan akan lebih sedikit, seperti disk space, bandwidth dan lainnya. Saat pengunjung blog kita naik misalnya sampai puluhan ribu, maka situs kita akan down jika kita tidak melakukan upgrade pada hosting kita. Selain itu terkadang hosting yang kita sewa down karena ada masalah dan perbaikan oleh penyedia jasa hosting kita.

3. Pada saat kita mempunyai blog dengan hosting sendiri maka kita harus selalu memperpanjang sewa hosting jika akan habis sewanya. Jika tidak memperpanjangnya maka situs kita akan mati dan tidak dapat diakses di internet. Masalah tersebut semakin parah jika kita tidak membackup data data blog kita, karena blog kita yang telah kita tulis dengan susah payah bisa hilang.

Berbeda dengan wordpress.com dan blogger, kita tidak perlu pusing untuk memperpanjangnya karena hostingnya sudah disediakan oleh wordpress.com dan blogger. Selain itu blog kita tidak akan hilang walaupun kita lama tidak mengurusnya. Demikianlah beberapa kekurangan jika kita menggunakan wordpress self hosting, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Kekurangan Menggunakan Wordpress Self Hosting untuk Membuat Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel