Inilah Batas Awal dan Akhir Salat 5 Waktu yang Penting Kita Ketahui

Salat adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim yang sudah baligh atau mukallaf, 5 kali dalam satu hari dan dalam waktu yang sudah ditentukan. Selain itu salat adalah salah satu dari 5 rukun islam yang harus dijalani oleh setiap orang muslim selain syahadat,puasa zakat dan haji.
salat
salat
Dalam menjalankan salat wajib kita harus mengetahui masing masing waktunya, seperti subuh, zuhur, asar, magrib dan isya. Selain itu salah satu syarat sah dalam salat yaitu mengetahui waktu salat wajib tersebut atau waktu awal dan akhirnya salat. Di zaman yang modern ini waktu salat bisa dilihat menggunakan jam di ponsel atau jam dinding.

Akan tetapi jika kita dalam keadaan yang darurat misalnya di tengah hutan dan tidak ada jam yang bisa menunjukkan waktunya salat, maka kita bisa menggunakan matahari. Pada zaman dahulu untuk mengetahui waktunya salat orang orang menggunakan matahari, karena pada waktu itu belum ada teknologi jam seperti pada waktu sekarang. Cara mengetahui waktu salat 5 waktu menggunakan matahari yaitu ...

1. Salat subuh

Salat subuh dilakukan sekitar jam 5 pagi dan awal waktunya yaitu saat fajar sadik atau cahaya matahari muncul dari arah timur. Arti dari fajar sadik yaitu fajar benar yaitu cahaya yang keluar dari arah timur dan tidak hilang kembali. Sebaliknya yaitu fajar kadzib, pengertiannya adalah cahaya yang keluar dari arah timur akan tetapi hilang kembali dan fajar ini adalah bukan yang dimaksud.

Pengertian dari fajar adalah cahaya matahari yang muncul dari arah timur, bukan matahari atau bulatnya matahari. Sedangkan akhirnya salat subuh yaitu keluarnya atau munculnya matahari dari arah timur, walaupun sedikit.

2. Salat zuhur

Salat zuhur dijalankan sekitar jam 12 siang lebih dan awal waktunya yaitu saat matahari tepat di atas kita dan condong sedikit ke barat. Jadi jika ada sebuah benda maka terdapat bayangan sedikit ke arah timur. Sedangkan akhir waktu salat zuhur yaitu sekitar jam setengah 4 sore atau saat matahari di barat dan panjang bayangan sebuah benda sama dengan tinggi benda tersebut, selain itu  waktu tersebut adalah awal dari waktunya salat asar.

3. Salat asar

Salat asar dijalankan sekitar jam setengah 4 sore dan awal waktunya yaitu saat panjang bayangan benda sama dengan tinggi benda. Misalnya ada sebuah bolpoin yang didirikan dan terkena matahari maka panjang bayangan sama dengan tinggi benda. Sedangkan akhir dari waktu asar yaitu tenggelamnya matahari atau bulatnya matahari sampai tidak terlihat.

4. Salat maghrib

Salat maghrib dijalankan sekitar jam 6 sore dan awal waktunya yaitu saat matahari atau bulatannya tenggelam sempurna di arah barat. Sedangkan akhir dari salat maghrib yaitu saat hilangnya mega kemerah merahan di langit atau hilangnya cahaya matahari yang tenggelam dengan sempurna, dan saat itu adalah masuknya waktu isya.

5 Salat isya

Salat isya dijalankan sekitar jam setengah 8 malam dan awal waktunya yaitu saat mega kemerah merahan di langit hilang. Sedangkan akhir salat isya yaitu pada pagi hari saat keluarnya fajar sadik sekitar pada jam 4 samai jam 5 pagi. Jika kita dalam menjalankan salat habis waktunya maka kita wajib untuk mengqadhanya atau tetap menjalankan salat walau waktunya sudah habis.

0 Response to "Inilah Batas Awal dan Akhir Salat 5 Waktu yang Penting Kita Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel