Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog Wordpress Self Hosting Sendiri Dengan Mudah

Menulis di blog adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi kita yang suka menulis, karena dapat menyalurkan hobi menulis kita. Selain untuk memposting tulisan kita, blog juga dapat digunakan untuk situs jual beli online dan situs portofolio kita. Untuk membuat sebuah blog kita dapat menggunakan wordpress self hosting, karena fiturnya lebih banyak untuk mendukung kegiatan ngeblog.
wordpress
wordpress
Jika kita membuat blog dengan wordpress self hosting kita membutuhkan jasa sewa hosting untuk kita sewa. Banyak pilihan jasa sewa hosting untuk kita pilih, salah satunya yaitu hostinger, niagahoster dan lainnya. Yang kita butuhkan untuk kita sewa adalah domain dan hosting untuk satu atau beberapa tahun ke depan.

Setelah kita sudah memilih salah satu jasa hosting, kemudian kita memilih paket hosting yang kita inginkan. Terkadang jika kita memilih paket hosting premium, kita akan mendapatkan domain gratis dan tidak perlu sewa domain lagi. Jika belum, maka kita menyewa sebuah nama domain yang kita inginkan.

Pilihlah nama domain cermat, karena nama domain tersebut diibaratkan akan kita gunakan untuk selamanya atau untuk sebuah nama brand kita. Sebuah nama domain blog sebaiknya menggunakan domain .com, karena lebih umum digunakan. Jika tidak dapat menggunakan domain .net atau lainnya, akan tetapi kurang menarik bagi sebuah nama blog.

Untuk memilih sebuah nama domain, coba cek dahulu ketersedian nama domain yang kita inginkan, karena terkadang nama domain yang kita inginkan tidak tersedia. Setelah menyewa hosting dan domain, kemudian kita membayar biaya penyewaan tersebut dengan cara transfer di atm atau lainnya.

Setelah kita membayarnya, selanjutnya domainnya kita pointing atau sambungkan ke hosting yang telah kita sewa, jika belum tersambung. Setelah selesai, kemudian kita menginstal cms wordpress pada hosting kita, dan untuk menginstalnya biasanya di setiap jasa penyewaan hosting sudah tersedia penginstalan otomatis.

Setelah terinstal kita tinggal masuk ke situs wordpress kita dan mengeditnya agar tampilannya menarik dengan menginstal template wordpress yang kita inginkan. Kemudian jangan lupa untuk menginstal beberapa plugin untuk mendukung kegiatan blogging kita. Untuk menjadikan blog kita banyak pengunjung, sebaiknya isi blog kita dengan banyak artikel dan jangan lupa update artikel paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Post a Comment for "Cara Membuat Blog Wordpress Self Hosting Sendiri Dengan Mudah"