Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara dan Variasi Memasak Daging Kurban saat Hari Raya 'Idul Adha

Ibadah kurban adalah ibadah yang dilakukan oleh umat islam setiap tahun pada hari raya ‘idul adha disetiap penjuru dunia. Tidak terkecuali disekitar kita dan biasanya dilakukan oleh orang yang mempunyai cukup uang untuk membeli hewan kurban. Kebanyakan penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh panitia kurban disetiap masjid daerah masing masing.
sate kambing
sate kambing
Jika hari raya ‘idul adha tiba, seringkali kita mendapatkan daging kurban yang gratis dari panitia kurban di masjid terdekat. Terkadang daging tersebut sangat banyak karena banyaknya orang yang melakukan ibadah kurban. Maka untuk memasaknya kita akan kesulitan jika kita tidak tahu variasi untuk memasak daging kurban tersebut. Jika kita mendapatkan daging kurban yang berlebih, berikut ini adalah beberapa masakan yang dapat kita buat dengan bahan daging kurban tersebut.

1. Sate

Sate adalah makanan yang cukup populer di indonesia bahkan sudah banyak dikenal oleh masyarakat internasional. Cara untuk membuat sate cukuplah mudah, yaitu pertama daging dicuci bersih, kemudian di cincang dadu kecil. Tusuklah daging cincang tersebut menggunakan tusuk sate yang dapat dibeli di toko yang menjualnya.

Kemudian bakarlah sate tersebut di atas bara api hingga setengah matang atau sesuai selera dan sajikan di atas piring. Jangan lupa tambahkan saus kacang untuk sate agar menambah nikmat sate yang telah dihidangkan.

2. Gulai

Gulai adalah masakan yang menggunakan bahan daging kambing dan santan untuk menambah gurih masakan tersebut. Jika kita ingin memasak gulai bahan bahan yang perlu kita siapkan yaitu daging kambing segar, santan kental dan bumbu rempah rempah. Untuk memasaknya tidaklah sulit dan lama, jika sudah matang dapat disajikan dengan sate agar lebih lengkap. 

3. Rendang

Rendang adalah makanan khas dari pulau sumatra, khususnya daerah sumatra utara, kota padang, yang menjadi salah satu masakan padang. Rendang sendiri dibuat dari bahan daging sapi, santan dan bumbu rempah rempah. Rendang dimasak bersama santan dan bumbu rempah hingga mengering dan berwarna kecoklatan. Dan hasilnya adalah makanan daging yang gurih dari santan dengan cita rasa yang kaya dari berbagai rempah, sehingga membuat setiap orang jatuh cinta dengan masakan tersebut.