Cara dan Tahapan Mendaftar Haji Dengan Benar

Ibadah haji adalah satu ibadah wajib bagi setiap orang muslim dan muslimah yang mampu, yaitu mempunyai biaya dan sanggup untuk menjalaninya. Kesanggupan untuk menjalankan ibadah haji meliputi dalam kondisi sehat, keamanan sampai tujuan dan lainnya. Ibadah haji dilakukan setiap tahun di kota mekkah dan madinah, arab saudi.
mekkah
mekkah
Jika kita ingin menjalankan ibadah haji maka hal pertama yang dipersiapkan yaitu biaya untuk berangkat haji. Untuk negara indonesia buaya untuk berangkat haji tahun 2019 yaitu kurang lebih sekitar 35 juta rupiah setiap orang untuk kelas ekonomi. Jika untuk kelas haji plus, tentunya harga biaya yang harus dikeluarkan lebih besar atau lebih mahal.

Sebelum kita menjalankan ibadah haji, kita harus mendaftar dahulu, biasanya di kementrian agama cabang kabupaten agar kita mendapatkan porsi dan jadwal keberangkatan haji. Beberapa cara dan langkah untuk mendaftar haji yaitu ... Pertama membuat rekening tabungan haji terlebih dahulu di bank bri syariah di kantor cabang terdekat.

Untuk membuatnya yaitu membawa ktp dan uang kurang lebih 500 ribu untuk mengisi saldo awal tabungan haji tersebut. Untuk mendaftar haji sebaiknya dilakukan lebih cepat, karena antrian keberangkatan haji semakin hari semakin lama. Untuk antrian haji saat mendaftar pada tahun 2019 saja adalah 20 tahun, oleh karena itu mendaftar haji lebih awal akan lebih baik.

Biaya untuk pergi haji pada tahun 2019 adalah sekitar 35 juta untuk kelas ekonomi dan untuk kelas haji plus tentunya lebih mahal. Untuk mendaftar haji minimal adalah 25 juta dan 500 ribu untuk mengisi saldo tabungan haji kita agar tetap terisi. Setelah jumlah tabungan kita cukup, kemudian kita pergi ke kantor kementrian agama untuk mendaftar haji dengan membawa tabungan haji kita.

Kemudian kita diberi surat surat untuk di bawa ke bank bri syariah untuk divalidasi. Setelah selesai divalidasi kita kembali lagi kantor kementrian agama untuk menyelesaikan pendaftaran haji. Perlu diperhatikan saat mendaftar haji hendaklah jangan salah dalam memasukkan data diri, karena data yang sudah di masukan tidak dapat dirubah.

Kemudian jangan menyingkat sebuah nama, seperti awalan mohammad disingkat moh dan lainnya. Setelah selesai mendaftar maka kita sudah mendapatkan jatah porsi dan jadwal keberangkatan haji pada beberapa tahun yang akan datang. Saat tahun keberangkatan kita diminta untuk melunasi biaya haji kita, yaitu sekitar sebesar 10 juta.

Biaya tersebut sudah termasuk uang saku untuk saat menjalankan ibadah haji di negara saudi arabia dan juga untuk membeli oleh oleh. Untuk biaya acara walimah keberangkatan haji dan biaya untuk keluarga yang ditinggalkan, kita menggunakan biaya sendiri. Demikianlah cara dan langkah untuk mendaftar haji semoga bermanfaat untuk para pembaca.  

0 Response to "Cara dan Tahapan Mendaftar Haji Dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel