Potensi Budidaya Belut dapat Menghasilkan Jutaan Rupiah

Belut adalah hewan yang panjang seperti ular, berwarna kecoklatan, licin karena berlendir, hidupnya di air dan dapat di konsumsi olah kita. Rasa daging dari belut sendiri banyak digemari masyarakat dan bahkan hewan ini di ekspor keluar negeri karena juga digemari oleh masyarakat mancanegara.
belut
belut
Cara untuk budidaya belut tidaklah terlalu sulit dan tidak memerlukan media yang luas karena dapat menggunakan sebuah atau beberapa drum untuk tempat pembudidayaan belut. Dalam budidaya belut yang perlu diperhatikan yaitu tempat budidaya dan pakan yang memadai. Pakan tersebut dapat berupa pakan buatan yang berasal dari pabrik atau pakan alami yang dapat kita buat sendiri.

Potensi belut sendiri sangatlah besar, karena harga belut perkilonya yaitu 50 sampai 100 ribu. Jadi misalnya kita membudidaya belut dan menghasilkan 100 kilo maka kita dapat menghasilkan 5 sampai 10 juta rupiah jika dijual di pasaran. Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk budidaya belut dengan lengkap ...

1. Menyiapkan tempat budidaya

Tempat untuk budidaya belut dapat berupa kolam yang tidak harus besar dan juga dapat berupa drum plastik yang dilubangi pinggirnya. Dalam budidaya belut dapat berupa media tanah liat atau media air, itu tergantung media yang kita inginkan.

2. Menyiapkan pakan belut

Pakan belut sendiri dapat berupa pakan buatan pabrik yang dapat kita beli di toko pakan hewan atau pakan buatan sendiri yang lebih murah dilihat dari biayanya. Pakan buatan sendiri yang akan kita bahas yaitu berasal dari hewan cacing. Cacing sendiri adalah termasuk makanan yang disukai oleh belut dan juga bagus untuk pertumbuhannya.

Untuk membudidayakan cacing cukuplah mudah, pertama menyiapkan media terlebih dahulu, dapat menggunakan dengan drum plastik yang dibelah dua. Kemudian mencampurkan dengan sampah organik dan diberi air agar basah, kemudian biarkan sampai membusuk. Setelah itu dapat dimasukkan cacing agar berkembang biak. Hasil dari budidaya cacing tersebut dapat dijadikan pakan belut yang ekonomis dan baik untuk pertumbuhannya.

3. Bibit belut dan pemeliharaannya

Bibit belut dapat kita dapatkan di tempat penjual bibit belut di kota kita tinggal dan jika tidak ada dapat di cari di internet. Setelah kita dapatkan dapat langsung ditebar di media belut yang telah kita persiapkan. Masa panen sendiri yaitu antara 4 sampai 6 bulan dari waktu penebaran benih di media belut. Untuk memasarkan belut cukuplah mudah karena belut sendiri di pasaran pasokannya sedikit, jadi banyak pembelinya. Untuk menjualnya dapat langsung di jual pada penjual belut di pasar atau dijual online di internet.

0 Response to "Potensi Budidaya Belut dapat Menghasilkan Jutaan Rupiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel