Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Katarak Pada Mata dan Cara Pengobatannya

Penyakit katarak adalah penyakit penyakit mata yang banyak dijumpai pada orang yang sudah menua, akan tetapi juga ditemukan pada usia muda. Gejala penyakit ini adalah mata sulit melihat, mata terasa buram atau kabur, saat melihat terdapat bayangan asap pada mata. Kalau dibiarkan akan menjadikan tidak dapat melihat secara total dan semakin berbahaya yaitu kebutaan total.
katarak
katarak
Jika kita atau kerabat kita menderita mata katarak maka segeralah untuk diobati, dan untuk pengobatannya yang paling umum adalah dengan jalan operasi. Akan tetapi ada juga dengan pengobatan herbal, salah satunya yaitu dengan meneteskan madu murni pada mata katarak secara rutin. Sehingga mata katarak tersebut sembuh dan dapat melihat dengan normal kembali.

Operasi katarak sendiri dilakukan oleh dokter yang ahli dalam bidang penyakit mata di tempat rumah sakit atau klinik yang terpercaya. Operasi katarak dilakukan setelah mata katarak benar benar sempurna sesuai anjuran dokter, hal itu untuk memenuhi prosedur dalam operasi katarak. Tahapan operasi katarak yaitu pertama menghilangkan lapisan lensa mata yang buram karena katarak kemudian menggantinya dengan lensa buatan yang baru dan ditanamkan pada mata pasien.

Ada dua jenis operasi katarak, yaitu tanpa jahitan dan dengan jahitan dan jika tanpa jahitan tentunya biayanya lebih mahal, yaitu sekitar 6 juta rupiah. Setelah operasi selesai terkadang mempunyai efek samping mata yang silau dan pandangan agak kabur, akan tetapi hal tersebut akan hilang pada waktu 1 atau 2 bulan setelah operasi. Jika gejala tersebut masih ada, bisa ditanggulangi dengan memakai kaca mata penahan sinar agar tidak silau dan kaca mata lensa.

Pasca operasi pasien bisa langsung pulang akan tetapi ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, seperti melakukan hal yang mengakibatkan mata terkena air, membungkuk dan lainnya. Jika ingin melakukan operasi katarak hendaklah memilih rumah sakit atau klinik yang terpercaya atau berpengalaman, karena untuk meminimalkan kegagalan dalam operasi. Karena dalam sebuah kasus, seseorang kehilangan penglihatan dikarenakan gagal dalam menjalani operasi katarak, tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh kita. 

Post a Comment for "Penyakit Katarak Pada Mata dan Cara Pengobatannya"