Cara Mengatasi Sulit Tidur atau Penyakit Insomnia

Tidur adalah kegiatan manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan jiwa setelah melakukan aktivitas yang melelahkan, untuk mengembalikan kondisi semula. Untuk itu tidur bagi kita adalah kegiatan yang penting dan harus dilakukan, karena jika tidak maka tubuh kita akan sakit. Tentunya hal tersebut adalah hal yang tidak kita inginkan yang akan merepotkan kita dan juga orang lain. Selain pada manusia kegiatan tidur tersebut juga terjadi di dunia hewan dan dilakukan pada malam hari.
insomnia
insomnia
Akan tetapi ada juga hewan yang aktif pada malam hari seperti kelelawar dan burung hantu. Sebaliknya hewan tersebut melakukan istirahat atau tidur pada siang harinya di sarangnya masing masing. Akan tetapi terkadang seseorang mengalami sulit tidur atau insomnia, hal tersebut akan mengganggu kesehatan penderita insomnia. Kondisi penderita insomnia yaitu walaupun mata mengantuk akan tetapi sulit untuk tidur.

Walaupun diusahakan untuk tidur, tetap saja penderita insomnia sulit untuk tidur. Penyebab dari penyakit insomnia, salah satunya adalah tidak bisa mengatur waktu tidur, misalnya waktu siang hari dijadikan untuk tidur, tentunya malam harinya tidak dapat tidur. Perasaan resah atau khawatir yang berlebihan adalah penyebab umun penyakit ini yang terkadang di alami seseorang. Untuk mengatasi penyakit insomnia, sebelum pergi ke dokter, berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan oleh penderita …

1. Mengatur waktu tidur

Saat seseorang tidak bisa mengatur waktu untuk tidur, misalnya waktu siang dijadikan untuk tidur dan malam harinya tentunya tidak dapat tidur. Waktu siang diciptakan oleh tuhan untuk beraktivitas untuk kita dan malam hari diciptakan untuk istirahat tidur yang gelap sebagai selimutnya. Untuk mengatasinya cobalah untuk bisa mengatur waktu, yaitu siang hari untuk kegiatan dan aktivitas sedangkan malam harinya untuk tidur, begitulah normalnya kehidupan seseorang.

2. Melakukan kegiatan fisik di siang hari

Lakukanlah kegiatan fisik pada siang hari, misalnya olahraga lari atau gerak jalan yang mudah dilakukan oleh banyak orang. Selain itu juga dapat melakukan pekerjaan ringan dalam rumah tangga, seperti membersihkan rumah, mengepel, mencuci baju dan membersihkan halaman rumah. Jika hal tersebut dilakukan maka tubuh akan lelah dan letih pada malam harinya, kemudian mudah memejamkan mata atau tidur.

3. Membaca sebelum tidur

Membaca sebelum tidur adalah salah satu cara yang dapat dilakukan jika mengalami sulit tidur. Cobalah membaca salah satu buku bacaan, misalnya buku novel atau lainnya yang akhirnya akan menjadikan mata lelah dan mengantuk. Dari pengalaman penderita insomnia, cara ini berhasil mengatasi penyakit tersebut.

4. Menjalankan gaya hidup sehat dan menenangkan diri

Menjalankan gaya hidup sehat adalah salah satu cara untuk mengatasi penyakit insomnia, karena penyakit ini salah satu faktor penyebabnya adalah tubuh kurang sehat karena banyak radikal bebas dalam tubuh. Untuk itu cobalah untuk memulai mengonsumsi makanan sehat dan menghentikan mengonsumsi hal yang secara umum dapat mengganggu kesehatan. Untuk mengeluarkan zat beracun dalam tubuh dapat mengonsumsi makanan buah buahan.

Untuk memakannya dapat dibuat jus atau dimakan langsung, selain itu buah buahan harganya terjangkau dan mudah ditemukan di sekeliling kita. Selain itu cobalah untuk menenangkan diri dengan melupakan masalah hidup yang membuat gelisah dengan cara menyelesaikan masalah tersebut dan menata kehidupan kembali. Semua masalah dalam hidup adalah takdir  tuhan yang harus kita jalani dengan sabar dan pasrah. Mungkin dengan cobaan  tersebut dapat mengurangi dosa kita atau menaikkan derajat kita di sisi tuhan.

0 Response to "Cara Mengatasi Sulit Tidur atau Penyakit Insomnia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel