Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Akun Email dan Menggunakannya

Surat elektronik atau email adalah sebuah teknologi untuk menggantikan surat yang dulu biasa digunakan orang. Pada waktu sebelum ada teknologi ini orang mengirim tulisan dengan menggunakan surat yang dikirimkan. Akan tetapi semakin majunya teknologi terciptalah teknologi email atau surat elektronik.
email
email
Sebelum dapat mengirim email kita harus membuat akun email terlebih dahulu, yang perlu diingat adalah nama email kita yang akan kita buat dan nomor sandinya. Untuk membuat email banyak yang dapat kita pilih yaitu, @gmail.com, @yahoo.com, @hotmail.com dan lainnya. Akan tetapi admin sarankan menggunakan gmail, karena gmail mempunyai manfaat yang banyak. Seperti membuka handphone android baru, akun youtube, blogger dan lainnya.

Sebelum membuat akun gmail, persiapkan terlebih dahulu nomor telepon untuk mengonfirmasi akun gmail kita. Jika kita lupa nomor sandi gmail maka nomor telepon tersebut dapat digunakan untuk menulis ulang sandi gmail kita. Cara untuk membuat akuan gmail yaitu, pertama buka aplikasi browser di komputer atau handphone kita.

Setelah itu ketik gmail di aplikasi browser dan cari, setelah itu masuk situs google gmail dan mulailah mendaftar. Untuk memilih nama akun gmail hendaklah pilih nama yang paling bagus dan disukai, karena nama tersebut tidak bisa dirubah di masa yang akan datang. Saat mendaftar masukkan data diri, dan buat nama akun gmail yang kita inginkan.

Kemudian buat sandi gmail dan ketik ulang sandi untuk mengonfirmasinya, dan selesaikan pendaftarn tersebut. Biasanya gmail meminta untuk nomor telepon untuk menambah keamanan akun gmail kita jika kita lupa sandinya. Pilih metode sms untuk mengonfirmasi nomor telepon kita, setelah itu ada sms masuk dari gmail yang berisi kode. Masukkan kode tersebut dan lanjutkan ke tahap berikutnya.

Jika tahapan tersebut selesai maka kita sudah memiliki akun gmail dan kita langsung bisa untuk menggunakannya. Untuk mengirim pesan kita bisa memulai menulis pesan, kemudian tulis alamat email yang kita ingin kirim, dan alamat yang kita kirim dapat lebih dari satu. Setelah itu tambahkan judul dan isi pesan email yang kita inginkan untuk dikirimkan.

Alamat email yang kita tuju bisa bermacam macam misalnya gmail, yahoo mail, hotmail dan lainnya. Setelah lengkap, klik kirim pesan untuk mengirim pesan email kita dan setelah beberapa detik email kita sudah terkirim. Selain pesan teks dan foto kita juga dapat mengirim pesan dalam bentuk file, misalnya file pdf, doc dan file lainnya. Untuk mengirimnya akan lebih baik jika file tersebut dibungkus terlebih dahulu dengan aplikasi rar atau zip.