Penyebab Pecahnya Perang Dunia Satu dan Dua

Perang dunia adalah peperangan secara masif yang melibatkan banyak negara di seluruh dunia dan memakan banyak sekali korban bahkan sampai mencapai jutaan jiwa. Di era modern terjadi dua kali perang dunia, yaitu perang dunia satu dan dua. Dalam perang dunia tersebut mungkin kita ingin tahu penyebab pecahnya perang dunia, berikut ini penyebab terjadinya perang dunia ...
tentara amerika
tentara amerika
Penyebab pecahnya perang dunia satu

Sebenarnya perang dunia satu disebabkan bangkitnya dunia islam terhadap barat atau eropa, dimulai dengan jatuhnya syria oleh islam. Kemudian jatuhnya konstantinopel oleh kerajaan turki yang diganti menjadi kota istambul. Dunia barat atau eropa sangat khawatir akan hal tersebut dan jika eropa jatuh pada dunia islam maka hal tersebut tidaklah diinginkan.

Maka negara negara di eropa berlomba lomba untuk membangun militer dan persenjataan yang besar untuk melawan dunia islam dan mempertahankan kehormatannya. Karena setelah jatuhnya kota konstantinopel beberapa kali negara barat berhadapan dengan turki dan kemudian mengalami kekalahan.

Disamping itu dunia barat memperluas kekuasaannya dengan mencari dan menambah daerah koloni, seperti di afrika, asia, benua amerika dan australia. Hal ini dilakukan untuk menambah sumber daya alam untuk kepentingan militer dan peperangan, karena sumber daya adalah salah satu faktor untuk memenangkan peperangan.

Akan tetapi tuhan menakdirkan hal lain, yaitu sesudah perlombaan senjata terjadi kerajaan turki melemah dan ancaman tersebut sedikit menghilang. Kemudian diantara negara eropa tersebut saling curiga bahwa negaranya akan diserang oleh negara lainnya. Seperti negara inggris, prancis, spanyol, jerman dan rusia.

Antara negara eropa saling berperang sendiri dan lupa akan tujuan awal, dimulai dengan perang napoleon. Sebab umum pecahnya perang dunia satu adalah perlombaan senjata tersebut, saling curiga akan menyerangnya negara tetangga dan lainnya. Keadaan di eropa seperti bom yang bisa meledak kapan saja, tinggal menyalakan pemicunya untuk terjadi perang yang besar.

Di eropa terbentuk dua kubu yaitu yang pertama jerman, austria dan turki dan yang kedua inggris, prancis dan rusia. Kedua kubu tersebut saling bermusuhan karena berbagai kepentingan dan akhirnya terjadilah satu kejadian yang memicu perang antar keduanya. Yaitu kunjungan raja austria yang bernama Franz Ferdinand ke serbia yang menjadi daerah kekuasaannya. Saat itu serbia tidak suka dengan kekuasaan austria dan ingin melepaskan diri dengan mencari dukungan dari rusia.

Saat terjadi kunjungan tersebut raja Franz Ferdinand dibunuh oleh orang yang tidak dikenal dengan ditembak pistol, saat naik kendaraan melewati para pendemo di jalanan bersama istrinya. Akhirnya raja Franz Ferdinand meninggal bersama istrinya dan hal tersebut sangat memukul austria. Kemudian austria meminta serbia untuk menyerahkan pembunuh raja Franz Ferdinand kalau tidak austria akan menyerang serbia.

Karena serbia tidak ada konfirmasi maka austria memutuskan menyerang serbia, dan kemudian rusia membela serbia. Kemudian negara besar seperti inggris, prancis, jerman dan turki ikut berperang dan membela sekutunya. Terjadilah perang yang dahsyat dan memakan banyak sekali korban diantara kedua belah pihak.

Peperangan tersebut akhirnya dimenangkan oleh pihak inggris, prancis dan rusia, ditandai dengan menyerahnya jerman dan menandatangani perjanjian Versailles. Setelah perang tersebut usai, mengakibatkan runtuhnya kekaisaran jerman, begitu juga austria dan turki yang berubah menjadi negara nasional atau republik.

Penyebab pecahnya perang dunia dua

Perang dunia dua adalah kelanjutan dari perang dunia satu, yaitu karena jerman tidak puas dengan hasil perang dunia satu dan perjanjian Versailles yang merugikan pihak jerman. Beberapa poin isi dari perjanjian Versailles yaitu ...

1. Daerah koloni jerman diambil alih oleh pihak pemenang perang.

2. Wilayah jerman menjadi lebih kecil karena sebagian wilayahnya diserahkan ke pihak pemenang perang.

3. Jerman menanggung semua kerugian perang.

4. Angkatan bersenjata jerman dibatasi sehingga menjadi lemah.

Setelah tergulingnya kekaisaran jerman maka ada sebuah partai yang menguasai jerman, yaitu partai nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler yang berhaluan nasionalis sosialis dan Adolf Hitler memimpin dengan gaya diktator. Partai nazi berpandangan bahwa jerman akan membalas kekalahan perang dunia satu dan bahkan ingin menguasai dunia.

Adolf Hitler sendiri adalah veteran pada perang dunia satu yang bertugas di angkatan darat, oleh karena itu pasukan jerman atau nazi di fokuskan pada angkatan darat. Selain itu untuk mewujudkan tujuannya jerman menggandeng aliansi dengan italia dan jepang. Tugas masing masing negara tersebut yaitu bahwa jerman bertugas menguasai eropa dan eropa timur, sedangkan italia menguasai daerah afrika dan jepang menguasai asia selatan dan australia, agenda menguasai benua amerika adalah agenda terakhir.

Akhir cerita jerman lagi lagi menjadi pecundang karena kalah dalam perang dunia kedua, dan perang tersebut lebih memakan banyak korban dibanding dengan perang dunia satu. Akan tetapi terdapat hikmah yang positif dari kejadian perang dunia dua, yaitu berakhirnya kolonialisme di seluruh dunia. Mulai dari afrika sampai asia semua negara berangsur angsur merdeka dan terbebas dari penjajahan barat. Begitulah penyebab perang dunia satu dan dunia yang semoga menambah wawasan bagi para pembaca.  

0 Response to "Penyebab Pecahnya Perang Dunia Satu dan Dua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel