Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Makanan Takjil yang Enak Untuk Buka Puasa

Pada bulan ramadan bagi umat muslim diwajibkan melakukan ibadah puasa sebulan penuh, bagi yang mampu. Ibadah puasa dilakukan dengan menahan makan dan minum mulai waktu subuh sampai magrib tiba. Sebelum puasa disunahkan makan sahur terlebih dahulu sekitar jam 3 atau 4 sebelum subuh.
masjid
masjid
Saat berbuka puasa banyak orang memakan takjil yang biasanya dibelinya saat ngabuburit sebelum berbuka puasa. Takjil adalah dari bahasa arab yang berarti mendahulukan yang diartikan adalah sebuah makanan yang dimakan untuk berbuka puasa dan setelah salat tarawih baru memakan makanan inti atau makanan berat. Akan tetapi biasanya masyarakat memakan takjil dan makanan inti pada saat berbuka puasa. Berikut ini adalah beberapa takjil untuk buka puasa yang bisa kita beli atau dibuat di rumah ...

1. Kue klepon

Kue klepon adalah kue yang dibuat dari tepung beras ketan dan gula merah, bentuknya bulat dan tengahnya terdapat gula merah yang lumer. Kemudian diberi parutan kelapa yang menjadikan lebih menggoda untuk dimakan.

2. Es kelapa muda

Es kelapa muda dibuat dari parutan kelapa muda, air kelapa muda dan gula merah, bisa juga ditambah susu kental manis. Minuman ini sangat menyegarkan bagi orang dalam keadaan haus apalagi saat berbuka puasa.

3. Es pisang ijo

Es pisang ijo atau hijau adalah minuman yang terbuat dari santan, gula merah, pisang yang dibalut dengan lapisan adonan gandum. Es ini biasanya banyak dijual saat bulan ramadan dan dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Kolak

Kolak adalah makanan yang berkuah yang dibuat dari santan, gula merah, potongan pisang dan ubi jalar. Makanan ini sudah sudah sangan biasa bagi banyak orang akan tetapi tidak bisa ditinggalkan saat bulan puasa untuk makanan takjil.

5. Sop buah

Sop buah adalah sejenis minuman yang sangat menyegarkan dan sehat, dibuat dari berbagai macam potongan buah. Seperti buah apel, pir, semangka, anggur, naga dan lainnya, kemudian ditambah sirop, susu kental dan parutan es. Minuman ini banyak ditemukan penjualnya dan dengan harga yang terjangkau, selain itu minuman ini juga dapat dengan mudah dibuat dirumah.