Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang Menjadi Kewajiban Seorang Suami

Suami adalah seseorang yang menjadi pemimpin sebuah keluarga, oleh karena itu seorang suami seharusnya memposisikan dirinya pada tempat yang benar. Banyak suami yang bersikap keluar dari  kewajiban kewajibannya yang mengakibatkan kurang baik bagi keluarganya, untuk itu berikut ini beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang suami ...
pasangan
pasangan
1. Memberi nafkah kepada istri dan keluarganya

Memberi nafkah pada keluarganya adalah kewajiban seorang suami yang menjadi kepala rumah tangga. Khusus kepada istri selain memberikan nafkah materi, seorang suami juga harus memberikan nafkah batin. Untuk itu hal ini perlu diperhatikan bagi para suami yang kurang memperhatikan keluarganya.

2. Membimbing dan mendidik keluarganya

Selain memberikan nafkah seorang suami juga dapat menjadi pemimpin dan contoh yang baik bagi keluarganya. Selain itu seorang ayah dapat mendidik anak anaknya agar menjadi orang yang baik dan bermanfaat bagi orang lain. Jangan sampai seorang ayah tidak mempedulikan kelakuan anggota keluarganya yang tidak baik, tentu hal tersebut akan menjadikan pandangan negatif orang lain.

3. Menjaga keluarganya

Seorang kepala keluarga hendaklah menjaga dan melindungi anggota keluarganya dari orang yang menyakitinya, baik menyakiti fisik maupun perasaannya. Hal ini akan membuat anggota keluarga menjadi terlindungi dan merasa aman. Untuk itu seorang ayah jangan sampai menelantarkan dan tidak mempedulikan keluarganya.

4. Menyelesaikan masalah keluarganya

Sebuah masalah adalah hal yang sudah biasa dalam sebuah keluarga, untuk itu seorang ayah harus bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut. Baik masalah tersebut adalah masalah intern atau masalah dengan pihak luar. Jangan sampai seorang kepala rumah tangga mengabaikan masalah masalah yang terjadi dalam keluarganya.

5. Membawa keluarganya ke arah yang positif

Seorang kepala rumah tangga haruslah dapat mengarahkan keluarganya ke arah yang positif, baik kepada istri, anak, cucu dan lainnya. Seperti mengarahkan dalam segi pendidikan, kedisiplinan waktu dan lainnya. Disamping itu mengarahkan agar selalu melakukan hal yang bermanfaat dan baik dalam berhubungan dengan tetangga dan orang lain. Itulah beberapa hal yang menjadi kewajiban bagi suami, semoga bermanfaat bagi para pembaca.