Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Ekonomi di Daerah yang Tertinggal

Daerah yang tertinggal adalah daerah yang jauh dari kota, biasanya daerah tersebut sulit di jangkau atau diakses karena belum dibangunnya akses jalan. Biasanya daerah seperti itu kegiatan ekonominya lemah dikarenakan masalah tersebut. Maka diperlukan pembangunan sarana untuk mendukung meningkatnya ekonomi daerah tertinggal tersebut.
usaha
usaha
Sarana yang diperlukan untuk memajukan suatu daerah yaitu akses jalan yang bagus, jaringan listrik untuk kebutuhan industri dan jaringan komunikasi. Akses jalan diperlukan untuk dapat tersalurkannya hasil bumi atau produk yang dihasilkan suatu daerah, sehingga menjadi nilai ekonomi bagi masyarakatnya. Jaringan listrik diperlukan untuk penerangan dan kebutuhan industri kecil dan menengah yang akan dikembangkan.

Sedangkan jaringan komunikasi diperlukan untuk terhubungnya daerah tersebut kepada daerah luar, yang berguna seperti untuk pemasaran produk yang dapat dihasilkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi berhasilnya sebuah pemasaran yaitu komunikasi yang baik, yang akan menjadikan jangkauan lebih luas sehingga mendapatkan konsumen lebih banyak.

Jika kita ingin meningkatkan ekonomi suatu daerah yang tertinggal misalnya, cobalah untuk membuat daerah tersebut produktif bukan konsumtif. Dalam artian kita melihat potensi pertanian dan industri kecil di daerah tersebut. Kemudian hasilnya kita pasarkan keluar daerah yang ekonominya tinggi, seperti contohnya di kota besar.

Tanamlah tanaman pertanian yang mempunyai nilai tinggi, seperti kopi, cengkeh, cokelat dan lainnya. Usahakan kita menjual dengan nilai tinggi, misalnya menjual hasil bumi tersebut setelah mengolahnya terlebih dahulu, jangan dijual dengan kondisi belum diolah karena nilai jual lebih rendah.

Seperti kopi untuk mengolahnya yaitu dibuat bubuk kopi yang siap konsumsi dan untuk cokelat dibuat cokelat yang sudah dikemas sehingga dapat dijual di toko luar daerah. Jika hal tersebut dilakukan maka dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Untuk membantu terciptanya hal tersebut dibutuhkan pihak pemerintah untuk melakukan pelatihan dan seminar kepada masyarakat di daerah tersebut.

Untuk memajukan sebuah perekonomian dibutuhkan kreatifitas dan pengetahuan luas, untuk itu diperlukan pembelajaran melalui membaca buku atau dapat membaca di internet. Banyak orang yang berhasil dalam suatu usaha dengan membaca dan mendapatkan ide atau inspirasi dari membaca sebuah buku, tulisan atau artikel.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Ekonomi di Daerah yang Tertinggal"