Beberapa Situs Jual Beli yang Dapat Digunakan Untuk Jualan Online

Jual beli adalah suatu kegiatan yang sudah dilakukan oleh manusia sejak dahulu, hal tersebut dilakukan karena seorang pembeli membutuhkan barang yang diinginkan dan penjual menginginkan keuntungan dari jual beli tersebut. Tempat untuk jual beli biasanya dilakukan di pasar, supermarket dan lainnya.
marketplace
marketplace
Pada waktu sekarang dengan kemajuan teknologi jual beli dapat dilakukan melalui internet, jadi jika kita tidak mempunyai toko fisik maka kita dapat membuat sebuah toko online di sebuah marketplace. Hal tersebut dapat meminimalkan modal yang kita gunakan untuk memulai usaha kita dalam berjualan.

Sistem dalam berjualan online yaitu kita mempunyai produk, kemudian foto dan deskripsi produk kita upload di marketplace. Misalnya di tokopedia, setelah ada pembeli maka pesanan masuk dan pembeli akan membayar uang ke tokopedia dengan mentransfer  di atm atau lainnya. Setelah uang masuk di tokopedia, kemudian kita mengemas barang pesanan dan mengirimkannya dengan nama dan alamat yang sudah diberikan oleh pembeli.

Untuk mengirimkannya kita bisa menggunakan jasa paket ekspedisi terdekat, seperti jne, tiki atau j&t. Untuk masalah biaya paket makan dibebankan oleh pembeli yang langsung di jumlahkan dengan harga barang yang di pesan. Karena belum dibayarkan maka untuk sementara biaya paket tersebut kita yang membayarnya.

Setelah barang dikirim dan sampai pada alamat tujuan kemudian diterima oleh pembeli, maka pembeli akan mengonfirmasi pada tokopedia bahwa barang sudah sampai. Setelah pembeli mengonfirmasi tokopedia akan membayarkan uang yang telah dibayarkan oleh pembeli kepada kita. Untuk pembayarannya yaitu menggunakan rekening bank yang telah didaftarkan terlebih dahulu di tokopedia.

Di indonesia beberapa marketplace yang dapat digunakan yaitu, tokopedia, bukalapak, shopee dan lazada. Untuk marketplace lazada itu calon pembeli tidak hanya untuk di indonesia saja akan tetapi sampai asia tenggara. Sebaiknya sebelum berjualan online di sebuah marketplace sebaiknya baca dulu peraturannya karena jika tidak maka akan merugikan kita.

Menurut pengalaman seperti pada marketplace lazada, misalnya  jika kita menggagalkan pesanan dikarenakan kelalaian kita, seperti ada pesanan dan stok kosong maka pihak lazada akan memberikan denda kepada kita sebesar Rp 50.000. Maka dari itu bacalah terlebih dahulu aturan aturan yang ada pada marketplace yang akan kita gunakan. Selain itu usahakan jangan menjual produk hanya satu macam saja karena akan mengakibatkan sedikit pembeli kecuali jika kita mengiklankan produk kita. Jadi jualah produk dengan berbagai macam produk karena kemungkinan besar akan mendatangkan banyak pembeli.

0 Response to "Beberapa Situs Jual Beli yang Dapat Digunakan Untuk Jualan Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel