Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tiga Syarat Berdirinya Sebuah Negara

Negara adalah sebuah institusi yang mencakup banyak hal dan melindungi rakyat dari ketidakadilan yang menimpanya. Hak yang harus diperoleh seorang manusia adalah kebebasan dalam berpikir, berkreasi maupun dalam beragama. Akan tetapi sekarang masih ada negara yang tidak memberikan hak kebebasan tersebut.
negara
negara
Perlu diketahui berdirinya sebuah negara itu memerlukan tiga hal, yang pertama yaitu wilayah. Jadi jika sebuah negara tidak mempunyai wilayah itu adalah hal yang mustahil. Kalau kita melihat negara negara di dunia ini ada yang mempunyai wilayah yang luas dan ada yang wilayahnya kecil. Ada yang berupa daratan pada sebuah benua dan ada yang berbentuk kepulauan.

Yang kedua adalah sebuah negara harus mempunyai rakyat, karena negara tanpa mempunyai rakyat adalah hanya mempunyai wilayah kosong yang tanpa penghuni. Kemajuan sebuah negara tergantung dari sumber daya manusianya, jika tingkat pendidikan rakyat sebuah negara tinggi maka negara tersebut akan maju. Hal tersebut didukung oleh sumber daya alam negara tersebut untuk menjadikan majunya sebuah negara.

Yang ketiga adalah sebuah negara harus mempunyai tentara, karena sebuah negara harus dijaga dan pihak yang bertugas akan hal tersebut adalah tentara. Negara tanpa dikawal oleh tentara maka mungkin akan terancam oleh pihak yang ingin mengganggu bahkan mengancam kepentingan dan cita cita sebuah negara.

Terlebih lagi jika sebuah negara mempunyai kekayaan yang melimpah tentunya mungkin ada bangsa lain yang ingin menjarah bahkan menguasai negara tersebut. Ditambah lagi jika negara tersebut mempunyai kekayaan alam yang melimpah seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, besi, tembaga dan jenis logam lainnya.

Selain itu kekayaan sebuah negara juga dilihat dari keindahan alamnya, karena dapat dapat dikembangkan menjadi lokasi wisata yang dapat meningkatkan ekonomi setempat. Jika sebuah negara berpotensi dan mempunyai lokasi wisata yang bagus maka dapat menarik banyak wisatawan baik wisatawan lokal maupun dari luar negeri. Tiga elemen yang membentuk negara tersebut haruslah dijaga dan jika salah satu saja hilang, maka runtuhlah negara tersebut.