5 Manfaat Air Bagi Kehidupan Manusia

Air adalah suatu komponen yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan tanpa air mungkin tidak ada kehidupan yang ada di dunia ini. Mulai dari tumbuh tumbuhan, hewan dan makhluk hidup lainnya, membutuhkan air untuk bertahan hidup. Di dalam bumi yang luas ini sebagian besar permukaannya adalah air yang merupakan lautan samudra.
air
air
Dalam sebuah penelitian di jepang bahwa air mempunyai sifat yang istimewa, yaitu setelah di lihat dengan kaca pembesar yang canggih bahwa bentuk kristal air berbeda beda. Hal tersebut dilakukan setelah air dibacakan doa atau kata kata yang baik dan diucapkan kata yang kasar. Jadi bentuk air berpengaruh dengan perkataan manusia yang diucapkan pada air tersebut.

Jenis dari air itu banyak ragamnya dilihat dari asalnya, seperti air hujan, sumur, sungai, laut dan air yang berasal dari mata air pegunungan. Perusahaan air minum biasanya mencari sumber air untuk sebuah produknya berasal dari air pegunungan. Karena air tersebut jernih dan bersih yang belum tercampur oleh berbagai limbah yang berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat air bagi kehidupan manusia ...

1. Untuk air minum

Air merupakan kebutuhan wajib bagi kehidupan, dan merupakan bagian dari unsur tubuh manusia. Untuk dapat bertahan hidup, seseorang diharuskan meminum air dalam setiap hari, dan bila hal itu tidak dilakukan maka seseorang tersebut akan dehidrasi. Untuk kebutuhan air minum diutamakan adalah air putih, karena lebih menyehatkan dibandingkan dengan air minum lainnya. Untuk itu kita harus menjaga lingkungan agar air di sekeliling kita tidak tercemar. Karena jika tercemar limbah misalnya, maka air tersebut tidak dapat kita konsumsi dan tentunya mengganggu kehidupan kita.

2. Untuk mengairi pertanian

Kebutuhan makanan manusia sebagian besar adalah dari pertanian, seperti gandum,padi, jagung dan lainnya. Salah satu persyaratan berlangsungnya sebuah pertanian adalah air yang mengairinya. Untuk itu dalam memproduksi makanan yang dibutuhkan manusia, sebuah pertanian harus terpenuhi dalam segi pengairan. Maka dari itu pemerintah membangun bendungan untuk menyimpan cadangan air untuk keperluan mengairi pertanian di saat musim kemarau.

3. Untuk peternakan ikan

Selain untuk mengairi pertanian, air juga bermanfaat untuk peternakan ikan. Ikan hidup di dalam air, untuk itulah air sangatlah penting bagi kehidupan ikan. Kalau kita lihat tempat penghasil ikan salah satunya yaitu tambak yang berada di pesisir laut. Peternakan ikan sendiri ada dua jenis yaitu peternakan ikan air tawar dan air asin.

Keduanya mempunyai potensi ekonomi yang besar dan permintaan pasar yang tinggi yang mempunyai nilai tambah bagi para pembudidaya ikan. Peternakan ikan dapat menghasilkan komoditas makanan yang dibutuhkan manusia, bahkan selain ikan ada lagi yaitu peternakan udang yang dapat menghasilkan hasil yang bernilai tinggi.
  
4. Untuk alat pembersih

Kebersihan adalah suatu hal yang penting bagi manusia, disamping bersih itu menjadikan kita sehat kebersihan juga suatu hal yang indah dipandang. Air adalah suatu benda yang dapat untuk membersihkan, seperti untuk mandi, mencuci, mengepel dan lainnya. Untuk itu air adalah hal yang penting dalam dunia kebersihan. Jika tidak ada air tentunya kita akan sangat kesulitan untuk membersihkan benda kotor yang ingin kita bersihkan. 

5. Digunakan untuk pembangkit listrik

Listrik adalah suatu hal yang penting bagi kehidupan manusia, bagaimana jika manusia tanpa listrik ... tentu akan sulit. Listrik dapat dihasilkan suatu pembangkit listrik yang bermacam macam, salah satunya pembangkit listrik tenaga air. Biasanya pembangkit ini terdapat pada suatu bendungan yang dirancang untuk dapat menghasilkan listrik. Dari sebuah bendungan listrik tersebut kemudian dialirkan ke banyak rumah penduduk untuk memenuhi kebutuhannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel